by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Ghibah

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 248)

ومسلم وابو داود ، اَتَدْرُوْنَ مَا الْغِيبَةُ قالوا الله ورسوله اعلم قال ذِكْرُكَ اَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ ،قيل افرايت ان كان فى اخى ما اقول قال اِنْ كَانَ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدْ اغْتَبْتَهُ وَاِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ

Nabi ﷺ bersabda; Tahukah kalian apa itu Ghibah? Mereka menjawab; Alloh dan Rosulnya yg lebih tahu.

Nabi ﷺ bersabda; (Ghibah itu) kamu membicarakan saudaramu dengan sesuatu yg tidak disukainya.

Dikatakan; Bagaimana jika itu memang ada /di lakukan oleh nya? Nabi ﷺ bersabda; Jika itu ada di saudaramu maka kamu telah menggunjingnya, jika itu tidak ada pada saudaramu maka kamu telah berbuat kebohongan terhadapnya (fitnah).

وابو داود عن عائشة رضى الله عنها قالت قلتُ للنبى ﷺ حَسْبُكَ مِنْ صَفِيَّةَ كَذَا وَكَذَا تعنى قَصْرَهَا ، قال لَقَدْ قُلْتَ كَلِمَةً لَوْ مُزِجَتْ بِمَاءِ البَحْرِ لَمَزَجَتْهُ اى لَاَنْتَنَتْهُ وَغَيَّرَتْ رَيْحَهُ

Sayidah Aisyah berkata; (suatu saat) aku berkata kepada Nabi ﷺ ; Sofiyah itu orangnya pendek.
Nabi ﷺ bersabda; Engkau telah mengucapkan kalimat jika kalimat itu dicampur dengan air lautan maka air laut itu akan tercemar karenanya, airnya akan basi dan berubah baunya.

(Dosanya ghibah bisa merubah air laut, saking dahsatnya/besarnya dosa ghibah).

Ibnu Abiddunya meriwayatkan Hadits dari Sumayyah, beliau berkata; Suatu saat aku berada dekat dengan Nabi ﷺ ,lalu lewatlah seorang wanita, dan aku berkata; Wanita ini bajunya kepanjangan.
dan Nabi bersabda kepadaku; Muntahkan! muntahkan apa yg ada di mulutmu! Lalu aku memuntahkan /mengeluarkan daging segar dari mulutku.

(Seandainya setiap orang yg menggunjing itu memuntahkan Daging segar dari mulutnya, gimana ya???).

Ya Alloh…. jauhkan kami dari perbuatan yg engkau murkai. Aamiin.

irsyad. 248

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.