by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Nikah

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 338)

Imam Ahmad, Ibnu abi Syaibah, ibnu AbdilBar meriwayatkan hadits dari Akaf bin Wuda’ah ,suatu saat, Akaf mendatangi (sowan) kepada Nabi ﷺ , lalu Nabi ﷺ bertanya “Hai Akaf…apakah kamu mempunyai istri?
Akaf; Tidak punya.
Nabi ﷺ : Apakah mempunyai budak perempuan? Akaf; Tidak punya
Nabi ﷺ : Dan kamu sehat serta kaya,
Akaf : Alhamdulillah

Nabi ﷺ : Kalau begitu, kamu termasuk temannya syetan, jika kamu ingin menjadi pendeta orang nasrani, silahkan menyusul mereka, jika kamu termasuk golonganku maka ikuti sunahku, dan termasuk sunahku ialah menikah, seburuk-buruk kalian ialah yang membujang, sesungguhnya orang yang mati terhina ialah pembujang, kasian kamu hai Akaf ! Menikahlah!

Akaf : Ya Rasulalloh… aku tidak menikah kecuali engkau yang menikahkan aku dengan siapapun yang engkau kehendaki (pasrah bongko’an),

Nabi ﷺ : Aku nikahkan engkau atas nama Alloh dan keberkahan dengan seorang wanita yang bernama Karimah binti Kultsum al Humairi.

والديلمى وابو الداود ، مَنْ تَركَ التَّزَوُّجَ مَخَافَةَ العَيْلَةِ فَلَيْسَ مِنَّا

Nabi ﷺ bersabda : Barang siapa tidak menikah karena takut faqir (takut tidak bisa memberi nafkah) maka dia bukan golonganku.

Mudah-mudahan kita dijauhkan dari murka Alloh dan Rasulnya. Aamiin.

irsyad. 338

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.