by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Tentang Berkhianat

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke (332)

وابو يعلى والبيهقى عن النعمان بن بشير ، مَنْ خَانَ شَرِيكًا فِيْمَا ائْتَمَنَهُ عليْهِ وَاسْتَرْعَاهُ لَهُ فَاَنَا بَرِيْئٌ مِنْهُ

Nabi ﷺ bersabda; Barang siapa yang menghianati temannya atas sesuatu yang dipercayakan dan diserahkan kepadanya maka aku bebas dari orang itu.

Imam Bukhori & Muslim meriwayatkan hadits dari Abu Hamid asSa’idiy beliau berkata; Suatu saat, Nabi ﷺ mengutus seorang laki-laki dari kabilah Azdi menjadi amil untuk mengambil sedekah (zakat), setelah laki-laki itu kembali/pulang dia berkata “Yang ini untuk sedekah/zakat dan yang ini hadiah untuk ku.

Setelah itu, Nabi ﷺ naik mimbar, setelah membaca hamdalah lalu Nabi ﷺ bersabda “Bagaimana dengan seorang Amil, aku suruh dia untuk suatu pekerjaan, setelah pulang dia berkata “Ini yang untuk sedekah dan yang ini dihadiahkan untukku! Kenapa orang itu tidak duduk saja di rumah ibunya atau ayahnya lalu lihatlah apakah ada orang yang menghadiahkan sesuatu kepadanya!

فوالذى نفسى بيده لا يأخذ احد منكم شيئا الا جاء يوم القيامة يحمله على رقبته ان كان بعيرا له رغاء او بقرة له خوار او شاة لها يعار ، ثم رفع يديه حتى رأينا عفرة ابطيه ثم قال اللهم هل بلغت اللهم هل بلغت

Nabi ﷺ bersabda; Demi Dzat yang jiwaku berada digenggamannya, tiada seseorang yang mengambil sesuatu milik orang lain kecuali kelak di hari kiamat dia akan datang dengan memanggul sesuatu tersebut dipundaknya, jika yang diambil itu unta maka unta itu dipanggul sambil mengeluarkan suara, atau sapi atau kambing dengan suaranya ,
lalu Nabi ﷺ mengangkat kedua tangannya sehingga kelihatan ketiaknya, lalu Nabi ﷺ bersabda “Ya Alloh… apakah aku sudah menyampaikan…. ya Alloh… apakah aku sudah menyampaikan….

Mudah-mudahan kita dijauhkan dari murka Alloh dan Rasulnya. Aamiin.

irsyad. 332

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.