by

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya Bab Haji

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 190 )

فصل ، فى فضل مكة

Fasal Tentang Keutamaan Makkah

قال الله تعالى ،اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًا لِلْعَالَمِيْنَ فِيْهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ اِبْرَاهِيْمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا

Alloh SWT berfirman ; sungguh rumah pertama yg di bangun untuk peribadatan manusia adalah yang ada di Makkah, yg penuh berkah dan menjadi petunjuk bagi semesta Alam, di sana terdapat ayat ayat yg jelas dan ada Maqom Ibrohim ,siapa yg memasukinya amanlah dia. (QS . Ali Imron: 96,97)

وروى ،اَنَّ رَسُوْلَ الله ﷺ قال ،وَاللهِ اِنَّكِ لَخَيْرُ اَرْضِ اللّهِ وَاَحَبُّ اَرْضِ اللهِ اِلَىَّ وَلَوْلاَ اَنِّى اُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

Rosululloh ﷺ bersabda ; (Makkah) Demi Alloh… Sesungguhnya engkau adalah sebaik2 Buminya Alloh, dan termasuk Buminya Alloh yg paling aku cintai ,seandainya aku tidak di keluarkan darimu (hijrah ke Madinah) maka aku tidak akan keluar darimu.

Diriwayatkan ; Bahwasanya tiada daerah di atas Bumi yang Alloh mengangkat / melipat gandakan kebaikan satu menjadi 100 ribu kebaikan kecuali Makkah, barang siapa yg sholat di Makkah maka di lipat gandakan menjadi 100 ribu sholat, barang siapa yg puasa satu hari di Makkah maka Alloh mencatat baginya puasa 100 ribu hari, barang siapa yg bersedekah satu Dirham maka Alloh mencatat baginya sedekah 100 ribu Dirham , barang siapa yg Menghatamkan Al Qur’an x1 maka Alloh catat baginya Hatam Al Qur’an x 100 000 ,barang siapa yg membaca Tasbih x 1 maka Alloh mencatat baginya 100 000 tasbih di selain Makkah, satu hari di tanah Haram dan kemanannya itu lebih diharapkan dan lebih utama dari pada puasa dan shalat malam satu tahun di lain daerah.

Diriwayatkan, bahwasanya ; Barang siapa yg shalat di belakang Maqom Ibrohim 2 rokaat maka di ampuni dosa2nya yg telah lalu, dan di beri kebaikan sejumlah orang yg shalat disitu berlipat2, dan Alloh swt menyelamatkan dia dari kesengsaraan di hari kiamat, dan Alloh swt memerintahkan makaikat Jibril, Mika’il, dan seluruh Malaikat untuk memintakan ampunan baginya sampai hari Kiamat.

Mudah2an kita bisa segera menunaikan ibadah Haji & Umroh. Aamiin

irsyad. 190

Temukan lebih banyak wawasan tentang Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya di:

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya

#KitabIrsyadulIbad #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.