by

Dahsyat! Sholawat Fatih yang Asli dan Artinya

Sholawat fatih yang asli merupakan sholawat yang sangat populer dari berbagai macam sholawat yang terbukti ampuh dan mujarab. Seperti halnya sholawat nariyah, sholawat jibril, sholawat munjiyat yang memiliki kelebihan yang luar biasa.

Dari berbagai versi sholawat fatih yang ada. Mungkin pembaca ingin mencari sholawat fatih yang asli. Ingin tahu sholawat fatih yang asli itu seperti apa?

Untuk kali ini kita akan lebih fokus pada sholawat fatih yang asli dari Syaikh At Tijani rahimahullah. Mengapa harus shalawat fatih yang asli dari Syaikh At Tijani rahimahullah?

Alasannya yaitu karena sholawat fatih dari Syaikh At Tijani rahimahullah ini merupakan sholawat fatih yang paling umum dan banyak dibaca. Selain itu, sholawat fatih dari Syaikh At Tijani rahimahullah ini memang banyak yang menganggapnya sebagai sholawat fatih yang asli. Yaitu sholawat fatih yang belum ada tambahan berupa lafadz-lafadz yang lain.

Banyak sekali sholawat-sholawat yang memiliki khasiat-khasiat yang menjadi kelebihan dari sholawat itu sendiri. Bagi kita yang ingin memilih sholawat mana yang ingin dibaca. Pilihan pada sholawat fatih ini merupakan pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

* Mari membangun kebersamaan dan keberkahan dengan membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama (dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dengan mengklik tautan ini.

Sholawat yang ampuh dan terbukti banyak orang yang merasakan faidah dan khasiatnya ini sangat banyak. Kita tidak bisa menilai, mana yang terbaik diantara sholawat-sholawat itu. Karena pada dasarnya memang tidak ada yang sempurna selain Allah.

Mungkin jika dilihat dari satu sisi, sholawat fatih yang asli ini lebih baik dari sholawat yang lain. Tapi dari satu sisi yang lain ternyata ada sholawat yang lebih baik dari pada sholawat itu.

Kita pilih manfaat membaca sholawat dari setiap sholawat yang akan kita baca. Kalau yang paling bermanfaat untuk kita adalah sholawat fatih. Kita baca sholawat fatih yang asli. Kalau yang paling bermanfaat sholawat yang lain. Kita membaca sholawat yang lain. Atau kita ingin memanfaatkan beberapa sholawat. Kita baca sholawat-sholawat yang paling adem ketika kita baca. Yang paling membuat hati terasa tenteram.

Dengan Ingat kepada Allah Hati Menjadi Tentram dan Damai

Hati yang tenang dan tentram adalah impian setiap manusia. Dengan hati yang damai seperti itu. Manusia akan bisa lebih berfikir dengan jernih. Tidak berfikir dengan nafsu dan amarah. Kalau berfikir dengan fikiran yang jernih maka. Apapun yang akan dilakukan akan menjadi lebih baik. Yaitu akan mudah untuk beramal sholeh.

Oleh karena itu seperti firman Allah dalam surat Ar Ra’d ayat 28. Dengan mengingat kepada Allah maka hati akan menjadi tentram.

Mungkin sahabat kanzanesia saat ini ada yang galau, sedih, marah, kesel, bingung atau yang lain. Intinya itu hatinya tidak tentram. Coba kita berdiam sejenak. Kita fokuskan diri kita untuk mengingat kepada Allah. Kita ambil air wudhu kemudian berdzikir kepada Allah. Lupakan sejenak semua hal-hal yang merisaukan hati kita. Insya Allah hati kita akan menjadi tentram. Coba kita beristighfar. Kita ingat dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Mungkin kegalauan ini adalah akibat kita terlalu banyak dosa. Kita beristighfar kepada Allah. Memohon ampunan kepada Allah.

Setelah hati kita tentram, fikiran akan menjadi jernih. Pada saat seperti ini. Kita akan lebih mudah untuk berbuat kebaikan. Insya Allah dengan hati yang tentram maka fikiran menjadi jernih dan mudah untuk berbuat kebaikan. Dengan kita bisa berbuat kebaikan karena fikiran kita jernih maka insya Allah kita bisa mendapatkan solusi. Sebagai balasan dari Allah atas kebaikan yang telah kita perbuat itu.

Ketika fikiran jernih dan ingin berbuat kebaikan kepada orang lain maka tidak usah ingin dibalas oleh orang lain itu. Ketika berbuat baik, jangan berfikir ingin diberi sesuatu oleh orang itu. Karena balasan dari orang yang kita beri kebaikan itu terkadang cuma sedikit. Bahkan terkadang orang yang kita beri kebaikan ternyata tidak bisa memberi apa-apa kepada kita selain doa yang baik untuk kita. Contohnya, kita memberi makan kepada fakir miskin. Tentunya kita tidak mungkin berharap balasan makanan dari orang kita beri makan itu. Walaupun doa terkadang juga lupa untuk mendoakan kita. Mungkin karena sibuk dengan urusan yang lain.

Oleh karena itu, tidak perlu mengharap balasan dari manusia ketika berbuat baik. Karena balasan dari Allah lebih besar dari pada balasan dari manusia. Bahkan balasan dari Allah minimal 10 kali lipat daripada kebaikan kita.

Berbuat baik tanpa mengharap balasan. Insya Allah kita akan mendapatkan balasan yang tidak disangka-sangka dari Allah yang Maha Baik.

Sholawat Fatih yang Asli agar Hati Menjadi Tenteram

Sholawat adalah berdoa kepada Allah agar Allah memberikan rahmat dan anugerahnya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga sholawat itu adalah dzikir yang ada kelebihannya.

Kelebihan sholawat dari dzikir-dzikir selain sholawat adalah bisa mengingat Allah sekaligus mengingat kekasih Allah yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena jika kita mengingat Allah maka hati kita menjadi tentram. Maka ketika kita membaca sholawat, hati kita juga akan tentram dan adem. Apa lagi di
tambah dengan mengingat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka hati juga pasti semakin tentram. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam rahmat untuk seluruh alam. Seperti firman Allah yang terdapat pada surat Al Anbiya’ ayat 107.

Adanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan anugerah yang besar bagi alam semesta. Sehingga jika membaca sholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka kita akan mendapatkan rahmat dari Allah. Dengan kita membaca sholawat kita akan mendapatkan :

1. Ketentraman hati karena kita ingat kepada Allah.

2. Mendapatkan rahmat atau kasih sayang dari Allah, karena orang yang membaca sholawat 1 kali maka Allah akan memberinya rahmat sebanyak 10 rahmat.

Dengan demikian, jika kita membaca sholawat fatih maka akan turun rahmat Allah atau kasih sayang dari Allah kepada kita. Sehingga hati kita yang sudah tenteram karena sudah ingat kepada Allah. Akan semakin tenteram karena adanya rahmat yang turun kepada kita.

Oleh karena itu, banyak Ulama yang berkata bahwa karakteristik sholawat itu dingin. Maksudnya dingin itu apa? Maksudnya adalah sholawat itu bisa membuat dingin hati yang sedang galau. Hati yang marah bisa menjadi reda marahnya. Karena memang sholawat bisa mendinginkan hati atau menenteramkan hati yang sedang galau.

Sholawat Fatih yang Asli 1x

Kalau ingin membuktikan bahwa sholawat bisa menjadikan hati tentram. Dan karena yang pada saat ini kita bahas adalah sholawat fatih. Coba kita lupakan sejenak semua masalah kita, kemudian kita baca sholawat fatih 1x saja dengan pelan-pelan sambil ingat kepada Allah.

Jangan membaca sholawat fatih tapi ingat hutang, ingat kebutuhan-kebutuhan dunia yang lain. Lupakan sejenak dan baca sholawat fatih 1 kali saja. Baca sambil ingat kepada Allah. Insya Allah hati kita akan tentram seketika. Fikiran menjadi jernih dan siap untuk berbuat kebaikan kemudian kebaikan yang lain. Sehingga kebaikan-kebaikan itu akan dibalas oleh Allah dengan balasan 10x lipat. Dan insya Allah balasan-balasan dari Allah itu diantaranya adalah solusi dari setiap masalah yang sedang kita hadapi.

Oleh karena itulah, khasiat banyak membaca sholawat adalah hajat kita dilabulkan Allah SWT. Karena semakin kita banyak membaca sholawat, maka semakin sering hati kita tentram dan tenang. Semakin kita sering berfikir jernih. Sehingga kita semakin sering berbuat kebaikan yang setiap satu kebaikan itu balasannya 10 kali lipat seperti yang dijelaskan dalam Surat Al An’am ayat 160. Sampai pada akhirnya hajat kita benar-benar dikabulkan oleh Allah.

Berbeda jika kita membaca sholawat fatih tapi ingat hutang atau masalah yang sedang membuat sedih. Bukannya tambah tentram tapi tambah galau atau sedih. Karena mulutnya saja mengucapkan nama Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tapi hati dan fikirannya tidak ingat Allah. Padahal ingat kepada Allah ini yang membuat hati tentram. Bagaimana bisa tentram hatinya, walaupun sholawat yang dibaca sudah dapat banyak? Sedangkan yang diingat ketika membaca sholawat fatih bukan Allah SWT tapi ingat hutang atau masalah yang membuat galau atau sedih.lainnya?

Sholawat Fatih yang Asli dan Artinya

Sholawat Fatih yang Asli dan Artinya
Sholawat Fatih yang Asli dan Artinya

Berikut ini adalah sholawat fatih yang asli dan artinya agar ketika membaca sholawat fatih bisa dengan menghayati makna dan artinya. Banyak sholawat fatih dengan berbagai versi, namun untuk sholawat fatih yang kita gunakan saat ini adalah sholawat fatih yang asli dari Syaikh At Tijani rahimahullah :

Coba saat ini kita baca sholawat fatih 1 kali saja. Tapi sambil dihayati artinya dan dengan melupakan sejenak semua masalah kita. Insya Allah kita akan merasakan perbedaan yang luar biasa terhadap sholawat yang kita baca.

Padahal ini hanya sholawat fatih 1x. Bagaimana jika lebih dari 1x? Bisa dibayangkan betapa ampuh dan dahsyatnya sholawat fatih ini.

Kalau sudah bisa seperti itu, maka bisa kita tingkatkan lagi jumlah sholawat fatihnya sedikit demi sedikit. Bisa dengan ditambah lagi membaca sholawat fatihnya menjadi 11x atau jumlah yang lebih banyak.

Cara Membaca Shalawat Fatih yang Asli

Sholawat Al Fatih yang Asli
Sholawat Al Fatih yang Asli

Sholawat fatih yang asli memiliki keutamaan, khasiat atau fadlilah yang bermacam-macam. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kita lihat manfaatnya kemudian baru kita amalkan. Cara pengamalannya juga sangat mudah. Ketika membaca sholawat sangat dianjurkan untuk ingat kepada Allah dan lupakan semua masalah atau problem kehidupan selama membaca sholawat. Kalau sudah selesai membaca sholawat boleh untuk mengingat lagi masalah-masalah itu.

Khasiat Sholawat Fatih yang Asli 1x Seumur Hidup

Keterangan ini bisa dilihat di dalam kitab Alfadz Ash Sholawat halaman 40 Didalam kitab tersebut dijelaskan bahwa, syaikh Ash Showi rahimahullah berkata, “Sholawat fatih ini memiliki nasab dari Sayyid Al Bakri. Barang siapa yang membaca sholawat fatih 1x seumur hidupnya. Maka ia tidak akan masuk neraka.”

Sebagian Sayyid Al Maghrib (sebagian keturunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berada di wilayah bagian barat) berkata, “Sholawat fatih ini berasal dari sebuah lembaran yang turun kepadanya dari Allah.

Pendapat ini yang menyatakan bahwa sholawat fatih yang asli bukan merupakan karangan manusia. Tapi sholawat fatih merupakan sholawat yang asli dari Allah. Sehingga khasiat dan keutamaan sholawat fatih ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

Sebagian Sayyid Al Maghrib yang lain berkata, “Membaca shalawat fatih 1x sebanding dengan membaca sholawat selain sholawat fatih 10.000x.

Pahala Sholawat Fatih 600.000 kali lipat dibandingkan Sholawat yang Lainnya

Ada yang berpendapat, “Membaca shalawat fatih 1x sebanding dengan membaca sholawat selain sholawat fatih 600.000x. Barang siapa yang membaca sholawat fatih (minimal 1x) setiap hari selama 40 hari berturut-turut. Maka Allah akan menerima taubatnya dan mengampuni semua dosa-dosanya.”

Hal ini dikarenakan pahala dari sholawat fatih yang sangat besar yaitu pahalnya 600.000 kali lipat dibandingkan sholawat yang lain selain sholawat fatih.

Pahalanya 10 kali lipat saja sudah sangat besar. Apalagi 600.000 kali lipat. Itu hanya 1x sholawat fatih, bagaimana kalau membaca sholawat fatih 10x, 100x atau bahkan 1000x. Kalau dibaca 1000x jangan diragukan lagi khasiatnya. 1000 dikalikan 600.000 jumlahnya 600 juta kali sholawat. Sehingga 1000x sholawat fatih sama seperti membaca 600 juta kali sholawat selain sholawat fatih.

Khasiat Sholawat Fatih yang Asli 1x Selama 40 Hari

Terkadang sebuah kesusahan, kesulitan dan keburukan itu terjadi karena seseorang telah melakukan perbuatan dosa. Dan kesusahan atau musibah adalah penebus dosa-dosanya. Sehingga jika dosanya banyak maka secara otomatis musibah-musibah yang datang juga banyak.

Lain halnya jika ia bertaubat. Maka dosanya diampuni jika taubatnya diterima oleh Allah. Sehingga ia tidak menerima musibah-musibah yang biasanya datang untuk orang-orang berdosa. Karena taubatnya diterima.

Terkadang seseorang taubat agar diampuni dan diselamatkan dari berbagai musibah. Tapi tetap saja masih terkena musibah. Hal ini mungkin karena taubatnya belum diterima.

Oleh karena itu, sholawat fatih yang asli yang saat ini kita bahas. Bisa dijadikan kunci diterimanya taubat seorang hamba. Yaitu jika sholawat fatih ini kita baca minimal 1x saja setiap hari dan dilakukan secara berturut-turut selama 40 hari. Maka insya Allah taubat kita diterima oleh Allah. Bagaimana kita bisa tahu kalau taubat kita diterima oleh Allah SWT? Apa tanda-tanda taubat diterima oleh Allah SWT?

Tanda taubat diterima Allah SWT ada 6 :

1. Merasa dirinya tidak terpelihara dari dosa. Sehingga akan lebih berhati-hati agar tidak berbuat dosa.

2. Lebih banyak bersedih dari pada berbahagia. Walaupun kita memiliki segalanya dan bahagia. Tapi kita masih belum tahu bagaimana kita kelak di akhirat? Apa yang kita persiapkan untuk masa depan abadi yaitu akhirat? Sehingga orang yang yang diterima taubatnya oleh Allah lebih banyak bersedih memikirkan dan berusaha untuk menyiapkan diri demi kehidupan yang abadi yaitu setelah mati.

3. Lebih dekat dengan orang-orang saleh dan lebih jauh dari orang-orang yang jahat atau buruk perangainya. Dengan lebih dekat dengan orang yang saleh maka akan membuat kita lebih dekat kepada Allah.

4. Merasa sudah memiliki banyak dalam urusan dunia. Tapi merasa masih memiliki sedikit dalam urusan akhirat. Dalam masalah dunia selalu bersyukur dan merasa sudah banyak. Namun dalam masalah mencari bekal untuk kehidupan akhirat masih merasa sedikit.

5. Lebih mementingkan kewajiban dirinya kepada Allah dan tidak meresahkan apa yang menjadi urusan Allah. Yaitu lebih mementingkan ibadah kepada Allah, masalah balasan dan janji-janji Allah untuk orang-orang yang saleh tidak begitu ia resahkan. Karena balasan dan janji-janji Allah itu adalah pasti. Tidak mengharapkan balasan terlebih dahulu padahal kewajibannya masih belum dikerjakan. Tapi lebih mementingkan mengerjakan kewajiban dulu, masalah balasan pasti akan ia dapatkan jika memang sudah mengerjakan kewajiban atau kebaikan.

6. Menjaga lisan. Seseorang yang taubatnya diterima akan lebih berhati-hati dalam ucapannya. Dan menghindari perkataan yang tidak berguna. Sehingga apa yang ia katakan akan selalu bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Tentunya keenam tanda diterimanya taubat oleh Allah tersebut tidak mudah untuk didapatkan. Tapi dengan hanya membaca sholawat fatih minimal 1x setiap hari selama 40 hari. Maka, insya Allah taubat kita diterima oleh Allah dan bisa mendapatkan keenam tanda taubat kita diterima oleh Allah SWT. Karena khasiat sholawat fatih 1x selama 40 hari berturut-turut adalah insya Allah taubatnya diterima dan diampuni semua dosa-dosanya.

Jika membaca sholawat fatih minimal 1x setiap hari selama lebih dari 40 hari bagaimana? Tentu saja sangat baik.

Oleh karena itu, minimal membaca sholawat fatih yang asli ini 1x setiap hari. Agar dosa-dosa kita selalu diampuni Allah. Sehingga ketika akan berusaha apapun, insya Allah akan mendapatkan kemudahan dari Allah SWT.

Hal seperti ini sebenarnya tidak terlalu berlebihan, karena pahala sholawat fatih yang asli juga sangat besar yaitu 600.000 kali lipat dibandingkan dengan sholawat yang lain.

Sholawat Fatih yang Asli adalah Raja Sholawat

Sholawat fatih yang asli juga disebut sebagai raja sholawat. Kalau Syaikh Abdul Qadir Al Jailani radliyallahu ‘anhu adalah raja dari semua wali-wali Allah. Sholawat fatih yang asli ini adalah rajanya sholawat.

Mengapa dikatakan sebagai raja sholawat? Salah satunya adalah karena sholawat fatih yang asli ini ketika dibaca maka pahalanya sangat besar.

Seperti sholawat jibril, yaitu shallallhu ‘ala muhammad. Maka ini adalah sholawatnya malaikat Jibril. Jadi sholawat jibril ini bukan sholawat biasa, karena sholawatnya seorang Malaikat. Pahalanya dan khasiatnya pun tidak perlu untuk diragukan lagi. Apalagi dalam kisah pernikahan Nabi Adam alaihis salam dengan Ibu Hawa. Mahar pernikahan tersebut adalah berupa bacaan sholawat jibril 10x. Oleh karena itulah sholawat jibril ini juga disebut sebagai sholawat jodoh. Karena sholawat ini yang menjadi perantara perjodohan Nabi Adam alaihis salam dengan Ibu Hawa yang menjadi nenek moyang seluruh manusia.

Sholawat fatih yang asli bukan merupakan sholawatnya seorang Malaikat. Tapi sholawat fatih yang asli ini adalah sholawatnya Allah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itulah sholawat ini disebut sebagai rajanya sholawat.

Dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 56 bahwasannya Allah membaca sholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bagaimana sholawatnya Allah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu? Jawabannya adalah sholawat fatih yang asli.

Sholawat ini adalah pembuka dari semua sholawat-sholawat yang lain sekaligus juga penutup dari sholawat-sholawat yang lain. Berkat sholawat fatih ini semua sholawat yang lain diturunkan.

Selain itu sholawat fatih ini juga merupakan sholawat yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada sebagian sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Oleh karena itulah sholawat fatih yang asli ini disebut raja sholawat di dalam kitab-kitab Syaikh At Tijani. Walaupun ada perbedaan pendapat ulama tentang sholawat apa yang menjadi raja sholawat.

Sayyiduna Asy Syaikh Ahmad bin Muhammad At Tijani radhiyallahu ‘anhu berkata :

“Seandainya ada 100.000 umat. Di setiap umat terdiri dari 100.000 kabilah. Di setiap kabilah terdapat 100.000 wali Allah yang setiap hari membaca sholawat 1000 kali kepada Rasulullah shalllallahu ‘alaihi wa sallam selama 100.000 tahun. Maka pahala semua umat, kabilah dan wali (1000 triliun wali) dengan waktu yang disebutkan (100.000 tahun) jika dikumpulkan. Maka pahalanya tidak akan mencapai pahala sholawat fatih 1 kali.”

Beliau juga berkata, “Umur manusia terbuang percuma kecuali orang-orang yang ahli sholawat fatih.”

Dengan demikian, sangat beruntung bagi orang yang mau membaca sholawat fatih walaupun 1 hari satu kali. Karena sholawat fatih adalah raja dari semua sholawat yang ketika dibaca pahalanya sangat besar.

Jika pahalanya sangat besar, secara otomatis akan mendatangkan kebaikan yang sangat besar pula. Sehingga dengan kita membaca sholawat fatih yaitu minimal membaca sholawat fatih setiap hari 1 kali. Maka insya Allah kesempatan segala hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT semakin besar.

Keutamaan Sholawat Fatih 1000x

Penjelasan berikutnya masih bersumber dari kitab Alfadzush Sholawat halaman 40. Barang siapa yang membaca sholawat fatih 1000x pada malam Kamis, malam Jum’at atau malam Senin. Maka ia akan berkumpul bersama Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Keutamaam sholawat fatih 1000x adalah bisa mimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau bertemu langsung dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Untuk tata caranya yaitu sholat sunnah 4 roka’at. Roka’at pertama (setelah membaca surat Al Fatihah) membaca surat Al Qadr, roka’at kedua membaca surat Az Zalzalah, roka’at ketiga membaca surat Al Kafirun dan roka’at ke empat membaca surat Al Mu’awwidzatain (Surat Al Falaq dan Surat An Nas). Kemudian membaca sholawat fatih 1000x.

Keutamaan Sholawat Fatih 100x Setiap Hari

Al Ustadz As Sayyid Ahmad Dahlan menjelaskan dalam kitab Majmu’ahnya. Sholawat Fatih memiliki nasab atau silsilah dari Syaikh Abdul Qadir Al Jailani radliyallahu ‘anhu. Sholawat fatih ini sangat bermanfaat bagi siapa saja, baik bagi pemula, tingkat menengah dan tingkat tinggi dalam membaca sholawat. Sudah banyak Ulama yang Ma’rifat yang menjelaskan tentang rahasia, keutamaan dan keajaiban sholawat fatih ini. Sholawat fatih ini memiliki kejaiban-keajaiban yang tidak masuk akal. Dan barang siapa yang membiasakan untuk membaca sholawat fatih 100x setiap hari, maka ia akan dibukakan oleh Allah dari penghalang-penghalang, mendapatkan cahaya, dan hajat-hajatnya dikabulkan oleh Allah yang kadarnya hanya Allah yang bisa mengetahui karena kadarnya terlalu besar.

Dengan demikian, keutamaan sholawat fatih 100x setiap hari ini sangat besar. Yaitu keutamaan sholawat fatih untuk kekayaan, kemuliaan dan lain-lain.

Keutamaan Shalawat Fatih dalam Kitab Ghayatul Ma’ani Halaman 39

Berikut ini keutamaan shalawat fatih yang dijelaskan dalam kita ghayatul ma’ani halaman 39 :

قال سيدی الشيخ احمد بن محمد التجاني رضي الله عنه

Sayyidi Syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijani Ra berkata:

ما توجه الی الله عز وجل بافضل منها ولا اعظم عند الله عنها حضرۃ لانها وردت من الغيب ليست من تاليف بشر

Tidak ada cara yang lebih utama di dalam rangka menuju Allah Azza wa Jalla kecuali dengan membaca Shalawat Al-fatih. Dan tidak ada Hadhratullah yang lebih agung di sisi Allah kecuali dengan membaca Shalawat Al-fatih, karena Shalawat Al-fatih ini datang dari Allah, bukan susunan manusia.

وان المرۃ الواحدۃ منها فديۃ النار وان من ذكرها مرۃ واحدۃ يغفر الله ذنوبه ولو كانت فی عمر ماءۃ الف سنۃ

Dan membaca shalawat al-fatih satu kali saja menjadi penebus dari siksaan api neraka, dan siapa saja yang berdzikir dengan shalawat al-fatih satu kali saja, niscaya Allah mengampuni dosanya walaupun dosa itu ia lakukan sampai 100 ribu tahun.

وان المرۃ الواحدۃ منها باربع ماءۃ غزوۃ وكل غزوۃ باربع ماءۃ حجۃ

Dan membaca shalawat al-fatih satu kali menyamai pahala 400 kali berperang fi sabilillah, padahal satu kali peperangan saja menyamai 400 kali ibadah haji.

وان ذكرها يعطی ثواب كل ذاكر فی الكون باضعاف مضاعفۃ اقل او اكثر

Dan siapa yang berdzikir dengan shalawat al-fatih akan mendapatkan pahala dari semua orang yang berdzikir di alam semesta ini dengan pahala yang berlipat ganda, baik yang sedikit maupun yang banyak.

وان المرۃ الواحدۃ منها تعدل ستۃ ماءۃ الف صلاۃ من مطلق الصلوات من صلاۃ كل ملك و صلاۃ كل انس وكل جان بافضل الله عز وجل

(غايۃ الامانی: ٣٩)

Dan membaca shalawat al-fatih satu kali menyamai 600 ribu kali shalawat yang dibaca oleh para Malaikat, manusia dan jin.
Semua ini berkat karunia Allah Azza wa Jalla.

Pesan Samahatul Imam Sholahuddin At Tijani Al Hasani ra

Keutamaan Sholawat Fatih - Dahsyat! Sholawat Fatih yang Asli dan Artinya

Berikut ini adalah pesan-pesan Samahatul Imam Sholahuddin At Tijani Al Hasani radliyallahu ‘anhu. Beliau (semoga beliau di beri panjang umur oleh Allah) saat penulisan artikel ini berada di Mesir. Beliau setiap hari membaca sholawat fatih 1000x. Berikut ini pesan-pesan Samahatul Imam Sholahuddin At Tijani Al Hasani radliyallahu ‘anhu tentang keutamaan atau fadlilah sholawat fatih atau yang biasa disebut juga dengan sholawat al fatih. Samahatul Imam Sholahuddin At-Tijani Al-Hasani Ra berkata :

1. Sholawat kepada Nabi merupakan sebab tergapainya cahaya yang terkandung dalam seluruh dzikir, puncak ketinggian derajat taqwa, serta awal kemilau cahaya Ilahi bagi hamba”.

2. Tidak ada satupun makhluk yg mampu mengejar Martabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam karena ini mutlak, dan tidak ada satu pun sighat sholawat yg mampu mengejar mendekati Martabat Sholawat Al-fatih Lima Ughliqo, karena Sholawat tersebut mengandung Hakikat Sayyidina Muhammad dan pengagungan kepadanya.

3. Tidak ada cara yg lebih utama di dalam rangka menuju Allah kecuali dgn membaca Shalawat Al-Fatih. Dan tidak ada Hadhratullah yg lebih agung di sisi Allah kecuali dgn membaca shalawat al-fatih. Karena Shalawat Al-Fatih ini datang dari Allah bukan susunan manusia.

4. Seandainya ada 1 orang membaca shalawat selama 1000 tahun (selain Shalawat Al-Fatih). Jika pahala selama 1000 th itu dikumpulkan, maka pahala tersebut tidak menyamai shalawat al-fatih 1 kali. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijani benar benar telah menekankan untuk membaca Shalawat Al-Fatih kpd keluarga orang orang terdekat dan semua kaum muslimin. Sholawat Al-Fatih adalah anugerah agung dari Allah utk umat Nabi Muhammad Saw.

5. Ketahuilah bahwa dosa dalam zaman ini tidak seorangpun kuasa menghindarinya. Sebab dosa itu dicurahkan atas manusia bagaikan air hujan yg sangat lebat. Akan tetapi perbanyaklah amalan penghapus dosa dan yg paling utama ialah Shalawat Al-fatih Lima Ughliqo. Karena Sholawat Al-Fatih menghapus dosa baik dosa kecil maupun dosa besar.

6. Bacalah setiap hari Sholawat Al Fatih, karena sholawat al fatih adalah mahkotanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terkenal dengan sebutan Yaqutatil Faridah. Mutiara terindah yang tiada tandingannya melebihi segala jenis dzikir sholawat, istighfar, doa asma’, isim rajah, azimah, hizb haikal dan segala jenis mantra dan ilmu hikmah apapun di dunia ini semua terkumpul di dalam Sholawat Al Fatih.

Demikian ulasan tentang Fadhilah Sholawat Fatih yang Asli, Keutamaan Sholawat Fatih dan Keajaiban-Keajaiban Sholawat Fatih yang lain. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan bisa ditulis dikolom komentar atau langsung menghubungi kami.

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Al Ishlah Lasem Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri

* Mari membangun kebersamaan dan keberkahan dengan membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama (dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dengan mengklik tautan ini.

Comment

1 comment

Comments are closed.