by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 3

5 Versi Pengertian Lafadz Yasin

وفي لفظ يس خمسة اقوال

Ada 5 perbedaan pendapat ulama’ dalam mengartikan lafadz yasin ini :

قال بعض المفسرين : يس يا انسان، و عادة العرب انهم يأخذون من كل كلمة حرفا ثم يتلفظون به ويأخذون من ياء النداء يا ومن الانسان سينا فركبوهما فصار يس. والمراد منه : يا محمد عليه السلام

Pendapat pertama :

Yasin adalah singkatan dari ya yang berarti wahai dan sin dari kata insan yang berarti manusia. Jadi, maknanya ialah wahai manusia, yang dimaksud disini adalah wahai Muhammad Saw.

وقال بعض المفالسرين : المراد منه يا سيد المىسلين

Pendapat kedua :

Yasin maksudnya adalah yaa sayyidal mursaliin yang berarti wahai pemimpin para utusan.

وقال بعضهم : يس اسم من اسماء القرآن

Pendapat ketiga :

Yasin adalah nama lain dari Al Qur’an.

وقال بعضهم : يس اسم من اسماء الله تعالى

Pendapat keempat :

Yasin adalah salah satu nama dari nama Allah.

وقال بعضهم : يس اسم السورة

Pendapat kelima :

Yasin adalah salah satu nama surat didalam Al Qur’an.

وذكر في تفسير الاستراباذي : ان الله تعالى أربعة آلاف اسم، الف منها لايعرفه غير الله تعالى و ألف منها لا يعرفه غير الملائكةو ألف في لوح المحفوظ وثلثمائة في التورة وثلثمائة في الانجيل وثلثمائة في الزبور ومائة منها في القرآن، تسع وتسعون ظاهرة، وواحد منها خفي وهو اسم الاعظام لا يعرغفه الا الانبياء والمرسلون

Telah disebutkan dalam kitab Tafsir Al Istirobadzi :

Bahwasannya Allah Ta’ala memiliki nama sebanyak 4000 nama, 1000 nama yang mengetahui hanya Allah, kemudian 1000 nama yang lain hanya Allah dan malaikat yang tahu, kemudian 1000 nama yang lain tertulis di lauhul mahfudz, kemudian 300 nama yang lain tertulis di kitab taurat, kemudian 300 nama yang lain tertulis di kitab injil, kemudian 300 nama yang lain tertulis dikitab zabur, kemudian 99 nama yang lain tertulis di Al Qur’an, sedangkan yang terakhir yaitu 1 nama yang lain adalah ismul a’dzom yang mengetahuinya hanya para nabi dan para rasul.

Tafsir Surat Yasin Ayat 4

۞ عٙلٙى صِرٙاطٍ مُسْتٙقِيْمٍ

Yang berada di atas jalan yang lurus.

Jalan yang Lurus

المراد من الصراط دين الاسلام يعنى يا محمد انك لمن المرسلين و دينك دين الحق والاسلام، والكفار على دين باطل

Pengertian dari jalan yang lurus dalam ayat ini adalah agama Islam. Sehingga maksud dari surat yasin ayat yang ke 4 ini adalah “Wahai Muhammad, sesungguhnya engkau termasuk golongan dari para utusan, dan agama yang engkau bawa adalah agama yang benar dan selamat, sedangkan orang-orang kafir berada di agama yang salah.”

Tujuan Allah Bersumpah

فان قيل أقسم الله بان محمدا عليه الصلاة و السلام من المرسلين، فان كان هذا القسم للكفار بان يصد قوا بان محمدا عليه السلام لمن المرسلين فهم لا يصدقون، وان كان للمسلمين بان يصدقوا ان محمدا لمن المرسلين فهم يصدقونه بلا قسم فلا فائدة القسم. أجيب بأن الله تعالى أراد أن يؤكد كلامه للمنكرين. فالقسم نوع من التأكيد، فلذلك أقسم الله تعالى به للحجة

Jika ada pertayaan seperti ini :

“Allah bersumpah bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah termasuk dari para utusan, ditujukan untuk siapakah sumpah itu? Sedangkan jika sumpah itu ditujukan untuk orang-orang kafir supaya mereka membenarkan diutusnya Nabi Muhammad Saw. maka pada kenyataannya mereka tetap tidak mau membenarkan. Sedangkan jika sumpah itu ditujukan untuk orang-orang muslim supaya mereka membenarkan diutusnya Nabi Muhammad Saw. maka kenyataannya mereka sudah mau membenarkannya tanpa membutuhkan sumpah dari Allah tersebut. Kalau seperti itu, apa manfaat dari sumpah itu?”

Maka jawabannya yang tepat ialah :

“Sesungguhnya Allah Ta’ala menginginkan untuk menguatkan firmanNya untuk orang-orang kafir. Sedangkan sumpah adalah salah satu cara untuk menguatkan sebuah pernyataan. Karena itulah, Allah bersumpah supaya bisa menjadi bukti diutusnya Nabi Muhammad Saw.”

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.