by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 4

Tafsir Surat Yasin Ayat 5

۞ تٙنْزِيْلٙ الْعٙزِيْزِالىرّحِيْمِ

Al Qur’an ini diturunkan ini diturunkan oleh Dzat Yang Maha Perkasa dan Maha Penyayang.

(تٙنْزِيْلٙ)

فان قرئ بالنصب يكون نصبه بافعل المحذوف، فتقديره اقرأ تنزيل العزيز يعنى يا محمد اقرأ المنزل من العزيز الرحيم. وان قرئ بالرفع يكون خبرا للمبتدا محذوف، فتقديره هذا القرآن منزل عليك بواسطة جبريل عليه السلام

.من الله(الْعٙزِيْزِ) الغالب المنتقيم من العاصي

.‏(الىرّحِيْمِ) للمطيعين فاقرأ يا محمد هذا القرآن للمنكرين حتى يسمعوا كلامي ويخافوا مني ويجيؤ الى الانصاف

Lafadz تٙنْزِلٙ di dalam surat yasin ayat ke 5 ini bisa memiliki 2 makna :

Jika dibaca nashob dengan fi’il yang terbuang yaitu dibaca (تٙنْزِلٙ) maka maknanya adalah “Wahai Muhammad, bacalah Al Qur’an yang diturunkan oleh Dzat Yang Maha Menang dan Maha Penyayang.

Jika dibaca rofa’ dengan menjadi khobar dari mubtada’ yang dubuang yaitu dibaca (تٙنْزِلُ) maka maknanya adalah “Al Qur’an ini diturunkan kepadamu dengan perantara Malaikat Jibril ‘alaihis salam.

Lafadz (الْعٙزِيْزِ) berarti perkasa untuk menyiksa orang-orang yang maksiat kepada Allah.

Lafadz (الرّٙحِيْمِ) berarti penyayang untuk orang-orang yang ta’at kepada Allah. Sehingga maksud dan tujuan dari ayat ini adalah :

“Wahai Muhammad, bacalah Al Qur’an ini kepada orang-orang yang yang ingkar kepadamu agar mereka mendengarkan perkataanKu dan takut kepadaKu serta datang kepadaKu dengan insaf dari keingkarannya.”

Tafsir Surat Yasin Ayat 6

۞ لِتُنْذِرٙ قٙوْمًا مٙا أُنْذِرٙ آبٙاأهُمْ فٙهُمْ غٙفِلُوْنٙ

Agar engkau memberikan peringatan kepada kaum yang dulu nenek moyangnya belum pernah diberi peringatan, Karena itu mereka menjadi lalai dari iman dan petunjuk.

Tujuan Diturunkannya Al Qur’an

اللام تعليل للتنزيل
قيل فما في ماأنذر للنفى اي لم تنذر آباءهم الأقربون لتطاول مدة الفترة. وقيل ما بمعنى الذي اي لتنذر قوما الذي أنذر به آباءهم

Huruf lam dari lafadz (لِتُنْذِرٙ) adalah bermakna ta’lil (alasan) untuk lafadz (تٙنْزِلٙ) sehingga ayat ini menjadi alasan dari ayat sebelumnya. Kemudian ما dari lafadz (مٙا أُنْذِرٙ) bisa memiliki 2 makna :

Bermakna نفي sehingga maksud dari ayat ini adalah agar engkau memberikan peringatan kepada kaum yang dulu nenek moyangnya belum pernah diberi peringatan karena lamanya masa fatroh atau masa tidak ada utusan.

Bermakna الذي sehingga maksud dari ayat ini adalah agar engkau memberikan peringatan kepada kaum yang dulu nenek moyangnya sudah pernah diberi peringatan.

(فٙهُمْ غٙفِلُوْنٙ)

عن الايمان والرشد يعنى يا محمد أنزلنا اليك هذا القرآن لتخوف به القوم الذين لم يخافوا. والمراد من القوم قوم قريش، لأنه من زمان اسماعيل الى زمانك ما جاءهم نبي ولا مرسل. لانهم غافلون لا يعرفوان دينا ولا شريعة

Karena itu mereka menjadi lalai dari iman dan petunjuk. Maksud dari ayat ini ialah :

“Wahai Muhammad, Kami menurunkan kepadamu Al Qur’an ini agar engkau memberikan peringatan suatu kaum yang belum pernah mendapat peringatan. Kaum yang dikehendaki dari tafsir surat yasin ayat ke 6 ini adalah kaum Quraisy, karena kaum ini dari zaman Nabi Ismail As. sampai zaman Nabi Muhammad Saw. tidak ada Nabi ataupun Rasul yang diutus untuk mereka. Oleh karena itu, mereka menjadi lalai dan tidak mengerti agama maupun syari’at.”

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.