by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 9

Sebab Diturunkannya Surat Yasin Ayat 12

قال ابن عباس رضى اللّٰه عنهما فى سبب نزولها : ان قبيلة من الانصار شكوا الى النبى عليه السلام بعد منازلهم الى المسجد. وأرادوا أن يبنوا بيوتا عند المسجد. فانزل اللّٰه تعالى هذه الآية. وهى ونكتب ما قدموا وآثارهم. فعلم من هذا ان من أتى الى المسجد من مكان بعيد يكون ثوابه أعظم ممن أتى من مكان قريب

Telah berkata sahabat Ibnu Abbas Ra. tentang sebab diturunkannya ayat ini : “Pada waktu itu kaum Anshar mengadu kepada Nabi Saw. setelah mereka sampai dari perjalanan menuju masjid. Dan mereka ingin membuat rumah dekat dengan masjid. Kemudian Allah menurunkan ayat ini. Yaitu “Dan Kamilah yang mencatat apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang telah mereka (tinggalkan)”. Sehingga mereka mengetahui dengan ayat ini. Bahwa orang yang mendatangi masjid dari tempat yang jauh, pahalanya lebih besar. Jika dibandingkan dengan orang yang mendatangi masjid dari tempat yang dekat.

Semakin Jauh Semakin Besar Pahalanya

كما روى عن النبى عليه الصلاة و السلام : ألا أخبركم بما يمح اللّٰه به الخطايا وترفع به الدرجات؟ اسباغ الوضوء على المكاره، وكثرة الخطوات الى المسجد، و انظار الصلاة بعد الصلاة

Seperti sebuah hadist Nabi Saw. “Apakah kalian mau aku tunjukkan sebuah amal perbuatan yang bisa melebur kesalahan dan bisa mengangkat derajat kalian disisi Allah? Yaitu, menyempurnakan wudhu ketika dalam kondisi yang tidak disukai, banyaknya langkah kaki menuju masjid dan menunggu waktu shalat (berikutnya) setelah melakukan shalat.”

وكما قال عليه السلام : أعظم الناس أجرا فى الصلاة أبعدهم ممشى الى المسجد. والذى ينتظر الصلاة بعد الصلاة حتى يصليها مع الامام أعظم أجرا من الذى يصلى ثم ينام ثم يصلة

Seperti sebuah hadist yang lain, Rasulullah Saw. bersabda : “Orang yang paling besar pahala shalatnya ialah orang yang paling jauh perjalanannya menuju masjid. Dan orang yang menunggu waktu shalat berikutnya setelah ia shalat. Kemudian shalat bersama imam. Itu lebih besar pahalanya. Dibandingkan orang yang shalat kemudian tidur (tidak menunggu waktu shalat berikutnya) kemudian shalat.”

Tafsir Tentang Jejak yang Ditinggalkan

وروى فى تفسير آثارهم يعنى ما تركوا من سنة حسنة صالحة فعمل بها بعد موتهم

Dan telah diriwayatkan dalam mentafsirkan “bekas-bekas yang telah mereka timggalkan”. Yaitu, sebuah tuntunan atau contoh yang baik. Kemudian tuntunan atau contoh yang baik itu tetap dikerjakan oleh orang lain setelah orang yang memberikan tuntunan atau contoh itu meninggal dunia.

Hadist Sampainya Pahala atau Dosa Setelah Meninggal

كما روى عن النبى عايه السلام « من سن سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيء. ومن سن سنة سيئة كان عليه وزرها و وزر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء »

Seperti sebuah hadist Nabi Saw. “Barang siapa yang memberi tuntunan kebaikan. Maka, ia mendapatkan pahala dari tuntunan itu dan mendapatkan pahala dari orang-orang yang mengamalkan tuntunan kebaikan itu setelah ia meninggal. Dengan tanpa mengurangi pahala-pahala mereka sedikitpun. Dan barang siapa yang memberi tuntunan keburukan. Maka, ia mendapatkan dosa dari tuntunan itu dan mendapatkan dosa dari orang-orang yang mengamalkan tuntunan keburukan itu setelah ia meninggal. Dengan tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun.

Tidak Ada yang Samar dari Pengetahuan Allah

(و كل شيء أحصيناه فى إمام مبين) أى حفظناه وعددناه و بيناه فى اللوح المحفوظ. يعنى ليس شيء مخيفا عن علمنا

Yang dikendaki dari “dan setiap sesuatu Kami kumpulkan didalam Kitab yang jelas” yang ada didalam surat yasin ayat ke 12 ini ialah Kami menjaga dan menghitungnya serta menulisnya dengan jelas di Lauhul Mahfudz. Sehingga tidak ada sedikitpun yang samar dari pengetahuan Kami.

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.