by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Ghibah

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 250)

وهو عن ابن عباس قال لَيلَةَ اُسْرِىَ بِنَبِىِّ الله ﷺ نَظَرَ فِى النَّارِفَاِذًا قَوْمٌ يَأْكُلُوْنَ الجِيَفَ قال مَنْ هؤُلاء يَا جبريل قال هؤلاء الّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ لُحُوْمَ النَّاسِ

Ibnu Abbas ra berkata; Ketika Nabi ﷺ Isro’ Mi’roj, beliau melihat ke Neraka, dan Nabi ﷺ melihat kaum yang memakan Bangkai.

Nabi bertanya; siapakah mereka ya Jibril?

Jibril; Mereka itu orang2 yg memakan daging (menggunjing) manusia.

Imam Hasan berkata; Demi Alloh, menggunjing itu lebih cepat merusak agamanya orang mukmin dari pada penyakit yg menular.

Ibnu Abbas ra berkata; Jika kamu akan membicarakan aib orang lain, maka ingatlah dengan aib diri sendiri.

Dikatakan kelak di hari kiamat, didatangkanlah seorang hamba dan dia diberi buku catatan amalnya, dan dibuku catatan itu tidak ditemukan amal kebaikan sama sekali, lalu hamba itu berkata; Dimana pahala shalatku, puasaku, ibadahku? Maka dikatakanlah kepadanya; Semua pahala amalmu habis karena engkau menggunjing manusia (Naudzubillahi min dzalik. Ya Alloh… jauhkanlah kami dari rasan2).

Suatu hari, ada seseorang yg berkata kepada imam Hasan Bashri, sesungguhnya seseorang telah menggunjingmu.

Lalu imam Hasan Bashri masuk ke dalam rumah, beliau mengambil nampan dan diisi dengan makanan (kira2 ya gula, kopi, teh, roti dll). Lalu beliau berangkat ke rumah orang yg telah menggunjingnya, dan berkata; Aku mendengar bahwanya kamu telah menghadiahkan pahala amal kebaikanmu kepadaku, dan hadiah ini sebagai balasan ku kepadamu (Bisakah kita menirunya??? Beraaaat).

Ya Alloh… kami berlindung kapadamu dari rasan2. Aamiin.

irsyad. 250

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.