by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Nikah

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 341)

Diriwayatkan oleh imam Thobroni dan Ibnu Asakiir dari salamah, wanita yang merawat sayid Ibrohim, Nabi ﷺ bersabda; (hai para wanita) apakah kalian tidak ridlo ketika salah satu diantara kalian sedang hamil dari suaminya dan suaminya ridlo padanya, maka baginya pahala (selama hamil) seperti orang yg berpuasa dan shalat malam karena Alloh, jika waktunya kelahiran maka baginya pahala kebahagiaan yang tidak diketahui oleh penduduk langit dan bumi ,dan ketika menyusui maka setiap air susu yang ditelan anaknya baginya satu pahala kebaikan ,dan ketika dia terjaga (tak bisa tidur karena anaknya) maka baginya pahala seperti membebaskan/ memerdekakan 70 budak di jalan Alloh.

وابو داود عن ابن عمر ، اَبْغَضُ الحَلاَلِ اِلَى اللهِ الطَّلاَقُ

Nabi ﷺ bersabda; Sesuatu yang halal yang paling dibenci oleh Alloh ialah perceraian.

Diceritakan oleh Syeh Abu Abbas Ahmad bin Ya’qub, bahwasanya beliau bermimpi bertemu dengan Syeh Ma’ruf al Karkhi setelah wafatnya, syeh Ahmad bertanya; apa yang di perbuat Alloh kepada engkau? Syeh Ma’ruf menjawab; Alloh mempersilahkan aku untuk masuk surga, cuma ada satu kegelisahan dalam hatiku karena aku mati dalam keadaan tidak punya istri.

(Monggo yang jomblo enggal nikah sebelum mati)

Diceritakan
dari sebagian orang sholeh, beliau ditawari untuk menikah dan beliau menolak dan memilih untuk hidup membujang, suatu saat dia terbangun dari tidurnya dan minta untuk dinikahkan dan beliau dinikahkan,
lalu beliau ditanya sebab2nya, beliau menjawab; Semoga saja saya mempunyai anak dan anakku meninggal dunia sehingga dapat menolongku di akhirat nanti, aku bermimpi seakan-akan kiamat telah terjadi, manusia serta aku kebingungan, kelaparan, kehausan, tiba-tiba ada anak-anak kecil yg membawa air pada kendi (wadah air) yang terbuat dari perak berkilauan, dan di tutup kain, dan mereka memberi minum kepada beberapa orang, lalu aku minta minum kepada mereka dan mereka menjawab; Kamu tidak mempunyai anak kecil diantara kami, kami memberi minum kepada ayah dan ibu kami. Kalian siapa? Mereka menjawab; Kami anak-anaknya orang islam (yang mati duluan) .

Mudah-mudahan kita mendapat syafaat Nabi Muhammad ﷺ kelak di akhirat. Aamiin.

irsyad. 341

Penasehat Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah Indonesia Malaysia dan Brunei Darussalam

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.