by

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya Bab Haji

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 187 )

Hikayah ke 1

Syeh Qodli ‘Iyadh bercerita bahwasanya sekelompok orang mendatangi syeh Sa’dun al Khoulani dan memberitahukan kepadanya bahwasanya kaum Kutamah membunuh seorang laki dan membakarnya semalam suntuk, ternyata mayat laki2 tersebut tidak gosong dan warna kulitnya tetap putih, itu kenapa ?
Syeh Sa’dun berkata ; mungkin laki2 tersebut sudah berhaji sebanyak 3 kali,

Kaum berkata ? kok bisa ? Syeh Sa’dun berkata ; aku mendengar Hadits bahwasanya ” barang siapa yg haji 1 kali maka dia telah menunaikan kewajibannya ,barang siapa yg haji 2 kali maka dia telah menguatkan agamanya ,barang siapa yg haji 3 kali maka Alloh haramkan rambutnya dan kulitnya dari api.

Hikayah ke 2

Syeh Muhammad bin Munkadir bercerita bahwasanya beliau telah berhaji sebanyak x 33, dan ketika pada haji yg terakhir ketika wuquf di Arofah beliau berkata/berdo’a “Ya Alloh …saya telah wuquf di sini sebanyak x33 ,haji yg ke 1 untuk haji wajib saya ,haji yg ke 2 untuk ayahku ,haji yg ke 3 untuk ibuku , dan haji yg 30 saksikanlah ya Alloh bahwasanya aku telah memberikan hajiku yg 30 kepada orang2 yg haji dan hajinya tidak engkau terima.

Setelah kembali dari Arofah dan menuju Muzdalifah, Syeh Muhammad bin Munkadir bermimpi ada suara yg berkata kepadanya “Hai Muhammad bin Munkadir… Apakah engkau melakukan kemulyaan kepada Dzat yg menciptakan kemulyaan, apakah engkau melakukan kedermawanan kepada Dzat yg menciptakan dermawan (dengan memberikan hajimu kepada orang lain), sesungguhnya Alloh berkata kepadamu bahwasanya “Demi kemulyaanku dan keagunganku… Sesungghnya aku telah mengampuni orang2 yg wuquf di Arofah sebelum aku menciptakan Arofah kurang 2000 tahun.

نسأل اللهَ الكريمَ الجَوَّادَ ان يغفرَ لنا كبائرَ ذنوبِنَا ويتحمَّلَ تَبِعَاتِنَا ويتقبل توبتنا

Kita memohon kepada Alloh yg maha mulya dan maha dermawan agar Alloh senantiasa mengampuni dosa2 besar kita dan menanggung dosa haq adami (dosa sesama manusia) kita dan mudah2an Alloh menerima taubat kita . aamiin

irsyad. 187

Temukan lebih banyak wawasan tentang Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya di:

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya

#KitabIrsyadulIbad #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.