by

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya Bab Haji

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 186 )

Khotimatun

Diriwayatkan dari Rosululloh ﷺ, Sesungguhnya Alloh SWT membanggakan orang2 yg berHaji kepada para Malaikat, Alloh berfirman :

“Hai Malaikatku… lihatlah hambaku dengan rambut yg kusut dan berdebu, mereka datang dari tempat yang jauh, saksikanlah bahwasanya aku mengabulkan do’a mereka, aku mensyafaati kepada orang2 yg mencintainya, aku mengabulkan semua yg mereka pinta, selain yg berkaitan hak/kewajiban sesama manusia.”

Dan ketika mereka menuju padang Arofah dan mereka wuquf dan berdo’a kepada Alloh SWT maka Alloh SWT berfirman ;

Hai malaikatku… Saksikanlah bahwasanya aku mengabulkan do’a mereka dan aku menanggung untuk mereka hak2 antar sesama manusia.

Mudah2an Alloh menanggung dosa2 kita antar sesama manusia dan mudah2an Alloh SWT mengampuni dosa2 besar kita. Aamiin

Diriwayatkan bahwasanya ; Barang siapa yg berjalan/bepergian menuju baitulloh maka setiap langkahnya Alloh mencatat kebaikan dan menghapus keburukan, dua rokaat Thowaf pahalanya seperti memerdekakan budak, Sa’i pahalanya seperti memerdekakan 70 budak, wuquf pahalanya diampuni dosa2nya walaupun sebanyak pasir, walaupun sebanyak tetes hujan, atau sebanyak buih di lautan, setiap kerikil dari melempar jumroh itu bisa menghapus dosa besar yg mencelakakan.

وروى ،اَذَا لَقيْتَ الحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيهِ وَصَافَحْهُ وَمُرْهُ اَنْ يَسْتَغْفِرَ لَكَ قَبْلَ اَنْ يَدْخُلَ بَيْتَهُ فَاِنَّهُ مَغْفُوْرٌ لَهُ

Diriwayatkan ; Ketika kamu bertemu dengan orang yg pulang dari Haji maka salamlah, berjabat tanglah dan suruh dia untuk memintakan ampunan kepada Alloh untukmu sebelum dia masuk ke rumahnya karena dia diampuni dosa2nya.

Diriwayatkan ; Bahwasanya Nabi Adam As mendatangi Baitulloh sebanyak 1000 kali dari India dengan berjalan kaki tidak pernah naik kendaraan, dan semua Nabi itu berhaji, begitu juga Nabi Hud dan Nabi Sholeh.

Mudah2an kita di mudahkan untuk berhaji. Aamiin

irsyad. 186

Temukan lebih banyak wawasan tentang Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya di:

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya

#KitabIrsyadulIbad #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.