by

Kesempatan Istimewa! Amalan Jum’at Terakhir Bulan Rajab

KanzaNesia.Com – Bulan Rajab, salah satu dari bulan-bulan suci dalam agama Islam, sering kali dianggap sebagai periode istimewa untuk meningkatkan amalan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di antara amalan yang dianjurkan dalam bulan ini adalah amalan pada Jum’at terakhir, yang memiliki keutamaan tersendiri.

Salah satu amalan yang dianjurkan pada Jum’at terakhir bulan Rajab adalah membaca

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ

sebanyak 35 kali saat khatib sedang berada di atas mimbar.

Dalam tradisi keagamaan, amalan ini diyakini memiliki keistimewaan tersendiri, yang diyakini dapat membawa berkah dari Allah SWT.

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi lebih jauh tentang amalan Jum’at terakhir bulan Rajab, khususnya dalam konteks membaca amalan yang disebutkan.

Kami juga akan membahas refrensi dan faidah yang terkait dengan amalan ini, serta menjelaskan bagaimana cara melaksanakannya dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjalankan amalan-amalan sunnah dalam bulan Rajab, dan bagaimana amalan tersebut dapat meningkatkan spiritualitas dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Amalan Jum’at Terakhir Bulan Rajab

Amalan pada Jum’at terakhir bulan Rajab adalah membaca

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ

Latin: “Ahmadu rosûlullôhi muhammadur rosûlullôhi.”

dibaca 35x saat khatib diatas mimbar.

Faidah: Supaya uangnya tidak akan habis sepanjang tahun.

Refrensi :
Kanzun Najah Wa Surur

(فائدة مهمة) قد جاء في كنز النجاح والسرور ان من قرأ في أخر جمعة من رجب والخطيب على المنبر أحمد رسول الله محمد رسول الله خمسا وثلاثين مرة لا تنقطع الدرهم من بده تلك السنة السؤال كيف يقرأ والخطيب على المنبر وهو في نفس الوقت مأمور بالانصات الجواب أنه ليس من شروط القراءة التلفظ بل استحضارها بالقلب يكفي او يقرأ حال الجلوس على المنبر قبل الخطية أو يقرأ حال الدعاء أو الترضي من الصحابة لان المراد بالانصات حال الخطبة هو الانصات حال استماع اركان الخطبة لا غير اه

Artinya: (Faidah Penting) Telah dijelaskan dalam kitab Kanzun Najah Was Surur:

“Barangsiapa yang membaca

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ مُحَمَّدٌ رَّسُولُ اللّٰهِ

Sebanyak 35x pada hari Jum’at terakhir di bulan Rajab sedangkan Khatib berada di atas mimbar maka uangnya tidak akan habis dari simpanannya sepanjang tahun.”

“Bagaimana bisa membaca amalan tersebut sedangkan bagi kita diperintahkan untuk diam dan mendengarkan khutbah jum’at? Jawabannya adalah sesungguhnya syarat mengamalkannya tidak harus diucapkan saja. Bahkan hanya mengucapkannya dalam hati saja sudah cukup. Atau membacanya saat khatib berada diatas mimbar sebelum membaca khuthbah yaitu ketika bilal membaca sholawat dan doa.”

Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ujian dan cobaan, amalan-amalan sunnah seperti yang dianjurkan dalam bulan Rajab memiliki peran yang penting dalam memperkuat iman dan menjaga hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Amalan pada Jum’at terakhir bulan Rajab merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Melalui artikel ini, kita telah menyingkap keutamaan dan faidah yang terkandung dalam amalan tersebut, serta cara yang benar untuk melaksanakannya sesuai dengan ajaran agama Islam.

Semoga pengetahuan yang didapatkan dari artikel ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah kita, tidak hanya dalam bulan Rajab, tetapi sepanjang tahun.

Dengan mengamalkan sunnah-sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, kita dapat memperoleh berkah dan keberkahan dalam hidup ini serta mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Mari terus berusaha untuk menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengisi hidup dengan amal-amal yang diridhai-Nya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan keberkahan bagi kita semua. Amin.

+ posts

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Al Ishlah Lasem Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.