by

Doa Rebo Wekasan Beserta Artinya: Memohon Perlindungan dari Balak

Kanzanesia, Doa Rebo Wekasan Beserta Artinya: Memohon Perlindungan dari Balak – Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada berbagai cobaan dan ujian yang datang dari Allah SWT. Salah satu cara untuk memohon perlindungan dari cobaan-cobaan tersebut adalah dengan berdoa. Salah satu doa yang memiliki makna khusus dan dapat kita amalkan adalah Doa Rebo Wekasan. Doa ini memiliki kaitan dengan fenomena Balak yang diyakini turun setiap tahun pada hari Rabu terakhir bulan Safar. Mari kita bahas lebih lanjut tentang doa ini beserta maknanya.

Makna Doa Rebo Wekasan

Nama atau istilah Doa Rebo Wekasan memiliki latar belakang dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Dikutip dari Kitab Sullamun Najah Linailis Sa’aadah al Abadiyyah, doa ini digunakan untuk memohon perlindungan dari Balak. Balak adalah fenomena yang diyakini turun sebanyak 320.000 pada hari Rabu terakhir bulan Safar. Dalam kepercayaan ini, Balak dianggap sebagai sesuatu yang negatif yang dapat membawa berbagai bencana dan masalah dalam kehidupan.

Cara Mengamalkan Amalan Doa Rebo Wekasan

Doa Rebo Wekasan dapat diamalkan sebagai sarana untuk memohon perlindungan dari Balak. Berikut ini langkah-langkah amalan Doa Rebo Wekasan ijazah dari KH. Ahmad Idris Marzuki :

1. Sholat Hajat 4 rakaat pada malam atau siang hari terakhir bulan Safar.

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.

2. Setelah membaca Al-Fatihah pada setiap rakaat, bacalah surat-surat pendek sebagai berikut:
– Rakaat 1: Surat Al-Kautsar 17x
– Rakaat 2: Surat Al-Ikhlas 5x
– Rakaat 3: Surat Al-Falaq 1x
– Rakaat 4: Surat An-Nas 1x

3. Setelah menyelesaikan bacaan surat-surat tersebut, lanjutkan dengan membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ يَا شَدِيدَ القُوَى يَا شَدِيدَ المِحَالِ يَا عَزِيزُ يَا مَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اكْفِنِي مِنْ شَرِّ جَمِيعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُتَكَرِمُ يَا مَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ارْحَمْنِي بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ اللَّهُمَّ بِسِرِ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَآبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ إِكْفِنِي شَرَّ هَذَا اليَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيهِ وَيَا كَافِيَ المُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيكَهُمُ اللَّهُ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ العَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Terjemahan dari doa tersebut dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

“Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang. Wahai Yang Maha Kuat, Wahai Yang Maha Menakjubkan, Wahai Yang Maha Mulia, Wahai Tuhan yang segala makhluk tunduk kepada keagungan-Mu, lindungilah aku dari kejahatan seluruh makhluk-Mu. Wahai Yang Maha Baik, Wahai Yang Maha Indah, Wahai Yang Maha Pemurah, Wahai Yang Maha Pemberi Karunia, Wahai Yang Maha Pemberi Kehormatan, Wahai Tuhan yang tiada Tuhan selain Engkau, berilah aku perlindungan dengan rahmat-Mu. Wahai Maha Pengasih di antara para penyayang. Ya Allah, dengan rahasia kebaikan, serta saudara, kakek, ayah, ibu, dan anak-anaknya, cukupkanlah aku dari kejahatan hari ini dan apa yang terjadi dalam hari ini. Engkaulah yang mencukupi segala keperluan. Wahai Yang Maha Mendengar, Yang Maha Mengetahui. Cukuplah Allah sebagai Penolong. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Semoga Allah melimpahkan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Kesimpulan

Doa Rebo Wekasan adalah doa yang digunakan untuk memohon perlindungan dari Balak. Doa ini adalah untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT dalam menghadapi cobaan dan masalah dalam hidup. Selalu ingatlah bahwa doa adalah sarana penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dan dengan keyakinan serta ketulusan hati, kita dapat memohon perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT dalam setiap langkah kita. Semoga doa ini membawa keberkahan dan keselamatan bagi kita semua.

+ posts

Co Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri Jawa Timur

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.

News Feed