by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Dzolim atau Menganiaya

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 317)

Imam Abu Syabromah menuturkan;

Sesungguhnya Malaikat Munkar & Nakir mendatangi seorang mayit di dalam kuburnya, dan berkata; Kami akan memukulmu x100 pukulan!

Mayit berkata ; aku telah melakukan kebaikan ini…. kebaikan itu… dan dia menghitung amal kebaikannya sehingga pukulan itu berkurang menjadi x 10, dan dia terus meminta keringanan dengan menyebut amal kebaikannya, sehingga pukulan tinggal x 1, dan di pukul lah mayit itu x 1 dan kuburannya menyala bara api, setelah itu si mayit bertanya; Mengapa kalian memukul aku?

Munkar&Nakir menjawab; Engkau pernah bertemu dengan orang yang dianiaya dan dia meminta pertolongan kepadamu tetapi engkau tidak mau menolongnya.
itu siksaan bagi orang yang tidak menolong orang yang teraniaya, lalu bagaimana dengan orang yang menganiaya?….

Sebagian ulama’ berkata; Aku bermimpi bertemu dengan orang yang membantu orang-orang yang dzolim dalam keadaan yg menyedihkan, aku bertanya ; Setelah ini kamu akan diapakan?
Dia menjawab; Aku akan disiksa.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang dzolim? Dia berkata; Mereka dalam keadaan yang sangat menyedihkan.
apakah engkau tidak mendengar firman Alloh SWT

وَسَيَعْلَمُ الَّذِيْنَ ظلَمُوْا اَىَّ مُنْقَلَبٍ يَنْقَلِبُوْنَ

Orang-orang yang dzolim akan mengetahui dimana tempat mereka.

Diceritakan
suatu saat datanglah seorang penjahit kepada Sufyan atsTsauri dan bertanya; Aku ini tukang penjahit bajunya sang penguasa, apakah aku termasuk pembantunya orang-orang dzolim?

Sufyan Tsauri berkata; Kamu termasuk orang-orang yang dzolim, sedangkan pembantu orang-orang yang dzolim ialah para penjual jarum dan benang kepadamu.

Mudah-mudahan kita dijauhkan dari perbuatan dzolim. Aamiin.

irsyad. 317

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.