by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Dzolim atau Menganiaya

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 308)

ومسلم عن ابى ذرٍّ قال ،قال رسول الله ﷺ فيما يرويه عن الله تعالى انه قال ، يَا عِبَادِى اِنِّى حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَنْ نَفْسِى وَجَعَلْتُهُ مُحَرَّمًا بَيْنَكُمْ فَلاَ تَظَالَمُوْا

Rosululloh ﷺ bersabda menceritakan firman Alloh, Alloh berfirman; Hai para hambaku… aku haramkan kedzoliman atas diriku dan aku haramkan kedzoliman diantara kalian, maka janganlah kalian saling berbuat kedzoliman.

واحمد والبيهقى عن ابن عمر ، اِتَّقُوْا الظُّلْمَ فَاِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ القِيَامَةِ

Nabi ﷺ bersabda; Takutlah/jauhilah kedzaliman, karena kedzaliman itu suatu kegelapan kelak di hari kiamat.

والشيخان عن ابى موسى ، اِنَّ اللهَ يُمْلِى لِلظَّالِمِ فَاِذَا اَخَذَهُ لَمْ يُفْلِتْهُ ثُمَّ قَرَأَ ; وَكَذَلِكَ اَخْذُ رَبِّكَ اِذَا اَخَذَ القُرٰى وَهِيَ ظَالِمَةٌ اِنَّ اَخْذَهُ اَلِيْمٌ شَدِيْدٌ

Nabi ﷺ bersabda; Sesungguhnya Alloh membiarkan/mengakhirkan siksanya atas orang-orang dzolim, dan ketika Alloh menurunkan siksanya kepada mereka maka Alloh tidak akan melepaskannya. Lalu Nabi ﷺ membaca ayat al Qur’an yg artinya “Demikianlah siksa tuhanmu apabila siksanya menimpa suatu negeri karena kedzolimannya, siksa Alloh sungguh sangat menyakitkan dan dahsyat.” (QS. Hud ayat 102)

Imam Muslim meriwayatkan Hadits dari Abu Hurairah ra yang berbunyi ; (suatu saat Nabi ﷺ bersabda kepada para sahabat) Apakah kalian tahu siapakah orang yang bangkrut dari umatku?

Sahabat menjawab; Orang yang bangkrut menurut kami ialah orang-orang yang tidak mempunyai uang dan harta benda.

Nabi ﷺ bersabda; Orang yang bangkrut dari umatku ialah orang yang datang di hari kiamat dengan membawa pahala sholat, puasa, zakat akan tetapi (ketika di dunia) dia telah mencaci orang ini, menuduh zina orang ini, memakan harta orang ini, mengalirkan darah orang ini, memukul orang ini, (dan dia mati sebelum minta maaf/halal dari orang-orang yang telah disakitinya), maka pahala kebaikannya diberikan kepada orang ini, dan kepada orang ini,(orang-orang yang telah disakitinya), sehingga habislah pahala kebaikannya sebelum selesai dari orang-orang yang menuntutnya, lalu diambillah dosa-dosa orang-orang yang telah disakitinya dan diberikan kepadanya (orang yang menyakiti/mendzolimi itu), lalu dia dilemparkan ke neraka.

Mudah-mudahan kita dan keturunan kita dijauhkan dari siksa neraka. Aamiin.

irsyad. 308

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.