by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Dzolim atau Menganiaya

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 309)

Nabi ﷺ bersabda; Dzolim (dosa) itu ada tiga macam,
1. Dzolim/dosa yg tidak di ampuni oleh Alloh SWT. Yaitu dzolim/dosa syirik /menyekutukan Alloh SWT.
2. Dzolim/dosa yang di ampuni oleh Alloh, yaitu dosa manusia kepada Alloh SWT (diampuni jika bertaubat kepada Alloh).
3. Dzolim/dosa yang tidak dibiarkan oleh Alloh. Yaitu dzolim/dosa sesama manusia, Alloh tidak mengampuninya sehingga orang itu meminta maaf kepada orang yang di sakitinya.

واحمد والشيخان عن عائشة وعن سعيد بن زيد ،مَنْ ظَلَمَ قِيْدَ شِبْرٍ مِنَ الاَرْضِ اى قدره طُوِّقَهُ مِنْ سَبْعِ اَرَضِيْنَ

Nabi ﷺ bersabda; Barang siapa yang mendzolimi/mengambil (nyorok) kira-kira satu jengkal bumi/tanah (milik orang lain) maka dia akan di bebani tanah tersebut sampai tujuh lapis bumi.

واحمد وابن حبان عن يعلى بن مُرّة ، اَيُّمَا رَجُلٍ ظَلَمَ شِبْرًا مِنَ الارْضِ كَلَّفَهُ اللّهُ اَنْ يَحْفرَهُ حَتَّى يَبْلُغَ آخِرَ سَبْعِ اَرَضِيْنَ ثُمَّ يُطَوِّقَهُ يَوْمَ القِيَامَةِ حَتَّى يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ

Nabi ﷺ bersabda; Barang siapa yang mendzolimi/mengambil (nyorok) satu jengkal bumi/tanah (milik orang lain) maka Alloh akan memaksanya untuk mengeruk tanah tersebut sampai tujuh lapis bumi lalu tanah tersebut dibebankan kepadanya kelak di hari kiamat sehingga Alloh selesai menyidang/memutuskan semua manusia.

Mudah-mudahan kita dijauhkan dari perbuatan dzolim. Aamiin.

irsyad. 309

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.