by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Marah

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 245)

خاتمة. فى فضل كظم الغيظ والعفو

Khotimatun

Tentang Keutamaan Menahan Amarah dan Memaafkan

اخرج ابو داود وابن ابى الدنيا ، مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ يَقْدِرُ عَلَى اِنْفَاذِهِ مَلَأَ اللهُ قَلْبَهُ اَمْنًا وَاِيْمَانًا

Nabi ﷺ bersabda; barang siapa yg menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Alloh akan memenuhi hatinya dengan keamanan dan keimanan.

وابن عساكر ، وَجَبَتْ مَحَبَّةُ اللهِ عَلَى مَنْ اُغْضِبَ فَحَلُمَ

Nabi ﷺ bersabda ; Cintanya Alloh diberikan kepada orang yg di buat marah dan dia mampu untuk memaafkannya.
(Artinya, orang yg di buat marah dan dia memaafkan orang itu maka dia di cintai Alloh).

وابن السنى ، مَا اُضِيْفَ شَيْئٌ اِلَى شَيْئٍ اَفْضَلُ مِنْ حِلْمٍ اِلَى عِلْمٍ

Nabi ﷺ bersabda; Tidaklah di sandarkan sesuatu kepada lainnya yg lebih utama dari pada memaafkan di sandarkan kepada ilmu (Artinya, orang yg berilmu dan mudah untuk memaafkan, itulah keutamaan).

وابن شاهين ، مَا اَعَزَّ اللهُ بِجَهْلٍ قَطُّ وَمَا اَذَلَّ اللهُ بِحِلْمٍ قَطُّ وَلاَ نَقَصَتْ صَدَقَةٌ شَيْئًا مِنْ مَالٍ قَطُّ

Nabi ﷺ bersabda : Alloh tidak memulyakan seseorang karena kebodohannya (orang bodoh tidak akan menjadi mulya) , dan Alloh tidak akan menghinakan orang2 yg pemaaf , dan harta tidak akan berkurang karena di sedekahkan.

Mudah2an kita bisa memaafkan orang lain dan menghiasi diri dengan sesuatu yg bermanfaat. Aamiin.

irsyad. 245

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.