by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Riba

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 280)

Al Kisah

Dikisahkan dari Syeh Ibnu Hajar.

Bahwasanya Syeh Ibnu Hajar di masa kecilnya, beliau selalu menziarahi makam orang tuanya, mendo’akan dan merawat makam orang tuanya.

Suatu saat, beliau berangkat ke makam ortunya sehabis sholat subuh, keadaan masih gelap, pada 10 hari yang akhir di bulan Romadlon, ketika beliau sedang membaca al Qur’an, dan disitu tidak ada orang lain selain dirinya, tiba-tiba beliau mendengar suara rintihan dari dalam kubur, aduuuuuh….. aduuuuh…..
setelah dicari sumber suara, ternyata dari dalam kuburan yang dikijing berwarna putih.

Syeh Ibnu Hajar menghentikan bacaannya dan mendengarkan suara orang yang disiksa di dalam kuburnya tersebut.

Setelah keadaan agak terang, suara tersebut berangsur-angsur pelan dan tidak terdengar lagi. Setelah itu, ada orang yang lewat, dan ditanya oleh syeh ibnu hajar, makam siapakah itu?

Dijawab oleh orang itu; itu makam si fulan, di masa hidupnya beliau rajin berjamaah di masjid, rajin sholat sunah, tidak banyak bicara, selain itu aku tidak tahu.

Lalu syeh ibnu Hajar pulang dan mencari informasi tentang penghuni makam tersebut.

Lalu syeh ibnu Hajar mendapat informasi, bahwasanya si fulan dimasa hidupnya pekerjaannya adalah makan uang riba, dia seorang pedagang sampai akhir hayatnya.

Begitulah nasib orang yang makan riba, walaupun dia berkelakuan baik, didalam kuburnya dia disiksa, di bulan Romadlon, di malam lailatul qodar tetap disiksa. Tinggalkanlah riba hai hamba Alloh….

Nabi ﷺ bersabda; Riba itu seperti seorang laki-laki yang berzina dengan ibunya sendiri, seperti berzina x 36. Orang yang makan riba dosanya tidak diampuni.

Janganlah kalian mengikuti orang-orang yang celaka, karena mereka akan mendapatkan siksa yang pedih.

اللهم اغفر لنا ما قدمنا وما اخرنا وما اسررنا وما اعلنا واهدنا الصراط المستقيم. امين

Ya Alloh…. ampunilah kami, dosa-dosa yang telah kami lakukan, dosa-dosa yang belum kami lakukan, dosa-dosa yang kami sembunyikan, dosa-dosa yang kami perlihatkan, tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus. Aamiin.

irsyad. 280

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.