by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Riba

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 281)

Tanbihun

تنبيه ، ان الربا حرام اجماعا وهو من الكبائر المهلكة وكفر مستحله

Sesungguhnya Riba itu hukumnya haram dengan kesepakatan para ulama’ dan termasuk dosa besar yang merusak, dan hukumnya kufur bagi orang yang menghalalkannya.

واعلم ، انه انما يجرى فى نقد وما قصد لطعم ، فان بيع ربوي بجنسه شرط مماثلة وحلول وتقابض قبل التفرق ،او بغير جنسه واتحدا علة شرط الاخيران

Ketahuilah, bahwasanya riba itu bisa terjadi pada
~ Jual beli /tukar menukar emas dan perak.
~ Jual beli/tukar menukar bahan makanan/sesuatu yang dikonsumsi.

Jika sesuatu tersebut ditukar dengan sejenisnya (misal, beras dengan beras, atau emas dengan emas) maka syaratnya ada 3:

1. Sama dalam timbangannya/ukurannya (misal, 1 gr emas dengan 1 gr emas, atau 1 kg beras dengan 1 beras kg).
2. Kontan /tidak dihutangkan.
3. Serah terima barang sebelum berpisah.

Jika ditukar dengan selain jenisnya tetapi sama dalam tujuan penggunaannya (misal, emas dengan perak, atau beras dengan jagung, sama-sama bahan makanan) maka saratnya ada 2, yaitu:

1. Kontan.
2. Serah terima sebelum berpisah.

[Lebih amannya, beras sembako 2 kg dijual, terus uangnya untuk beli 1 kg beras jenis 64 /beras yang bagus, bukan ditukar. emas 20 karat dijual, terus uangnya buat beli emas yang 24 karat, bukan ditukar].

وفى قرض شيئ بشرط جر نفع للمقرض فهذا هو المشهور الآن بين الناس واقع كثيرا

~ Riba juga terjadi pada hutang piutang, yaitu menghutangkan sesuatu dengan sarat kembalian kelebihan kemanfaatan (bisa lebih dengan uang yang dihutangkan atau dilebihi dengan kemanfaatan yang lain), yang kelebihan itu kembali kepada orang yang menghutangi (misal, diberi hutangan dengan sarat dia harus membawakan barang milik yang menghutangi, dll).

Dan riba yang berupa utang piutang ini yang lebih dikenal dan banyak terjadi di masyarakat .

Mudah-mudan kita dijauhkan dari riba. Aamiin.

irsyad. 281

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.