by

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya Bab Haji

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 183 )

واحمد وابو منيع وابو يعلى عن جابر بن عبد الله ،مَنْ قَضَى نُسُكَهُ وَسَلِمَ المُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

Barang siapa yg melaksanakan ibadah haji dan orang islam lain selamat dari lisannya dan tangannya (tidak menyakiti orang lain) maka dia di ampuni dosa2nya yg telah lalu dan dosa yg akan datang.

والطبرانى عن عبد الله بن جراد ، حُجُّوْا فَاِنَّ الحَجَّ يَغْسِلُ الذُّنُوْبَ كَمَا يَغْسِلُ المَاءُ الدَّرَنَ

Berhaji lah kalian… karena Haji itu dapat membersihkan dosa sebagaimana air dapat membersihkan kotoran.

والترمذى والبيهقى عن على رضى الله عنه ، مَنْ مَلَكَ زَادًا وَرَاحِلَةً تُبَلِّغُهُ اِلَى بَيْتِ اللهِ وَلَمْ يَحُجَّ فَلاَ عَلَيْهِ اَنْ يَمُوْتَ يَهُوْدِيًا اَوْ نَصْرَانِيًا

Barang siapa yg memiliki bekal dan kendaraan yg cukup untuk menghantarkannya ke Baitulloh tetapi dia tidak berHaji maka silahkan mati Yahudi atau Nasrani.

Umar ra berkata ; Aku berencana untuk mengutus seseorang ke daerah2 untuk melihat orang2 yg mempunyai bekal yg cukup untuk berhaji dan mereka tidak berhaji ,untuk mengambil pajak dari mereka , karena mereka bukan orang Islam.

Sa’id bin Jubair berkata ; Tetanggaku mati dan tidak berhaji (padahal sudah mampu untuk berhaji)maka aku tidak bersedia untuk mensholatinya .

Mudah2an kita dapat pertolongan untuk bisa melaksanakan ibadah Haji . aamiin

irsyad. 183

Temukan lebih banyak wawasan tentang Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya di:

Kitab Irsyadul Ibad dan Terjemahannya

#KitabIrsyadulIbad #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.