Rahasia Sholawat Munjiyat dan Artinya untuk Melancarkan Rezeki

Rahasia sholawat munjiyat dan artinya untuk melancarkan rezeki ini merupakan ulasan yang tentang sholawat munjiyat yang lengkap dengan keutamaan dan khasiatnya yang luar biasa. Seperti halnya sholawat munjiyat ini sering kali dibaca saat berdoa dan saat acara istighotsah. Begitu bermakna dan begitu berkhasiatnya sholawat munjiyat ini sehingga sholawat munjiyat menjadi bacaan yang penting.

Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap tentang sholawat munjiyat yang diambil dari keterangan kitab Alfadz Ash Sholawat.

Selain itu, juga kami tambahkan penjelasan-penjelasan agar lebih mudah dan lebih mantap ketika mengamalkan membaca sholawat munjiyat ini.

Sholawat 500.000x dan 700.000 untuk Pembangunan Gedung

Sebelum kita membahas tentang sholawat munjiyat dan artinya, disini kami tambahkan sebuah kisah tentang khasiat sholawat yang luar biasa. Berikut ini kisahnya :

KH. Musthofa Bisri (Gus Mus) suatu ketika sowan kepada KH. Mahrus Ali Lirboyo di Pondok Pesantren Lirboyo. Gus Mus setiap datang ke Pondok Pesantren Lirboyo selalu melihat ada perubahan bangunan.

Kemudian Gus Mus bertanya kepada KH. Mahrus Ali “Yai, njenengan yotroe katah nggeh… Keranten setiap kulo dateng lirboyo selalu wonten bangunan engkang baru” (Kiyai uangnya banyak ya… Karena setiap saya datang ke Lirboyo selalu ada bangunan yang baru).

KH. Mahrus Ali Menjawab “Iku mek 500.000, sing iku mek 700.000” (Bangunan itu cuma 500.000, yang itu cuma 700.000).

Gus Mus bingung kemudian bertanya “500.000, 700.000 nopo yai?” (500.000, 700.000 apa kiyai?).

KH. Mahrus Ali menjawab “500.000, 700.000 sholawat” (500.000, 700.000 sholawat).

Membaca sholawat sebanyak 500.000 dan 700.000 tentu sangat banyak. Namun, banyaknya sholawat tentu saja sebanding dengan apa yang didapatkan dari membaca sholawat yang banyak.

Seperti dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

قَالَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةَ مَرَّةٍ قُضِيَتْ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ ثَلَاثُوْنَ مِنْهَا فِى الدُّنْيَا وَ سَائِرُهَا فِى الْآخِرَةِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah mengabulkan 100 hajatnya, 30 hajat dikabulkan di dunia dan sisanya (70 hajat) dikabulkan di akhirat.

Membaca sholawat 100x khasiatnya adalah 100 hajatnya dikabulkan oleh Allah. 30 hajat dikabulkan di dunia dan 70 hajat dikabulkan di akhirat.

Itu jika sholawat yang dibaca 100x, bagaimana jika 1000x? 10.000x, 500.000x atau bahkan 700.000x? Tentu hajat yang dikabulkan oleh Allah semakin banyak atau semakin besar. Seperti hadits yang telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut.

Sudah yakin dan mantap untuk membaca sholawat yang banyak atau belum? Sudah siap untuk mengamalkan sholawat munjiyat atau sholawat-sholawat yang lain?

Sholawat Munjiyat dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَ الْآفَاتِ وَ تَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ وَ تُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَ تَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَ تُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَ بَعْدَ الْمَمَاتِ

Latin : “Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaati, wa taqdlii lanaa bihaa jamii’al haajaati, wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi aati, wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad darojaati, wa tuballighunaa bihaa aqhshol ghooyaati min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaati.”

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada pimpinan kami Muhammad dengan rahmat yang menyelamatkan kami dari berbagai mara petaka dan mara bahaya, dengan rahmat yang mendatangkan hajat-hajat kami, mensucikan dari keburukan-keburukan kami, mengangkat derajat kami menjadi derajat yang tinggi disisi Mu, mengantarkan kami pada puncak dari tujuan kami yang berupa semua kebaikan dalam hidup dan semua kebaikan setelah mati.”

Khasiat Sholawat Munjiyat 1000x

نقل فى شرح الدلائل عن الحسن بن على الاسوانى انه قال من قال هذه الصلاة فى كل مهم و بلية الف مرة فرج اللّه عنه و أدرك مأموله

Dijelaskan dalam kitab syarh Ad Dalail dari syaikh Al Hasan bin Ali Al Aswani, beliau berkata “Barang siapa yang membaca sholawat munjiyat 1000x pada perkara yang penting dan membahayakan, maka Allah memberikan jalan solusi untuknya dan menemukan apa yang menjadi harapannya.”

Keterangan ini menjelaskan bahwa jika kita mempunyai sebuah harapan atau cita-cita. Maka salah satu cara yang bisa digunakan agar harapan dan cita-cita itu menjadi terwujud adalah dengan membaca sholawat munjiyat 1000x.

Sholawat munjiyat ini boleh dibaca sedikit-sedikit, misalkan 100x setiap hari sampai 10 hari. Jika dirasa ada perkembangan, setelah 10 hari itu diulangi lagi mulai dari awal yaitu dibacakan sholawat munjiyat 1000x selama 10 hari, begitu seterusnya sampai berhasil.

Namun, jika ingin lebih cepat. Boleh juga 1000x itu dijadikan dalam kurang dari 10 hari.

Khasiat Sholawat Munjiyat 300x

و عن ابن الفاكهانى عن الشيخ الصالح موسى الضرير رحمه اللّه قال ركبت البحر الملح و قامت علينا ريح قل من ينج منها من الغرق و ضج الناس فغلبتنى عينى فنمت فرأيت النبى صلى اللّه عليه و سلم و هو يقول قل لاهل المركب يقولون الف مرة اللهم صل على سيّدنا محمد و على آل سيدنا محمد صلاة تنجينا بها الى الممات فاستيقظت و اعلمت اهل المركب بالرؤيا فصلينا بها نحو ثلاثمائة مرة و فرج اللّه عنا اه.

Diriwayatkan dari Al Fakihani dari Asy Syaikh Ash Sholih Musa Adl Dlariri rahimahullah, beliau berkata “Aku mengendari kapal ditengah-tengah laut yang anginnya berhembus sangat kencang. Hanya sedikit orang yang selamat dari tenggelam. Orang-orang menjerit ketakutan. Tiba-tiba aku tertidur dan aku bermimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam seraya bersabda “Katakanlah kepada orang-orang yang berada di kapal agar membaca sholawat munjiyat 1000x.” Kemudia aku terbangun dan mengajarkan sholawat munjiyat kepada mereka. Dan kami membaca sholawat munjiyat kira-kira 300x, kemudian Allah menyelamatkan kami semua.”

Dari keterangan ini dapat diambil sebuah keterangan bahwa sholawat munjiyat dapat digunakan untuk keselamatan ketika dalam keadaan mendesak. Masalah apa saja, kita meminta pertolongan kepada Allah. Salah satu cara meminta pertolongan kepada Allah ini adalah dengan membaca sholawat munjiyat 300x atau 1000x. Maka Allah akan memberikan keselamatan untuk kita dengan khasiat sholawat munjiyat ini. Namun, ketika membaca sholawat munjiyat, yang harus diingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Walaupun khasiat atau keutamaan sholawat munjiyat ini sangat besar yaitu bisa menjadi solusi jika terjepit suatu masalah atau dalam keadaan mendesak. Tapi, ketika membaca sholawat munjiyat, yang harus diingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, karena kita memang sedang membaca shalawat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

و قال السيد محمد افندى عابدين فى ثبته ذكر العلامة المسند احمد العطار فى ثبته الصلاة المنجية و قال فى آخرها زاد العارف الاكبر يا أرحم الراحمين يا اللّه

Telah berkata As Sayyid Muhammad Afandi Abidin dalam kitab tsabatnya tentang penuturan Al Allamah Al Musnid Ahmad Al Athor dalam kitab tsabatnya tentang sholawat munjiyat, dan beliau menambahkan pada akhir sholawat munjiyat dengan kalimat :

يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا اَللّٰهُ

Sehingga bacaan sholawat munjiyatnya menjadi

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَ الْآفَاتِ وَ تَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ وَ تُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَ تَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَ تُبَلِّغُنَا بِهَ اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَ بَعْدَ الْمَمَاتِ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا اَللّٰهُ

Khasiat Sholawat Munjiyat untuk Mewujudkan Harapan

قال و قد قال بعض الاشياخ من قالها فى مهم او نازلة الف مرة فرج اللّه تعالى عنه و ادرك مأموله

Al Allamah Al Musnid Ahmad Al Athor berkata, “Telah dijelaskan oleh sebagian Syaikh bahwa barang siapa yang membaca sholawat munjiyat 1000x pada perkara yang penting atau perkara yang membahayakan maka Allah menyelamatkannya dari perkara yang membahayakan itu atau mewujudkan apa yang menjadi harapan dan cita-citanya.”

Keterangan ini menjadi penguat penjelasan yang sebelumnya, bahwa sholawat munjiyat sangat mujarab untuk mewujudkan harapan dan cita-cita seseorang atau untuk keselamatan dari mara bahaya. Untuk tata cara membaca sholawat munjiyat nya juga sudah dijelaskan sebelumnya.

Khasiat Sholawat Munjiyat untuk Keselamatan dari Wabah Penyakit

و من اكثر منها زمن الطاعون امن منه

Barang siapa yang memperbanyak sholawat munjiyat (membacanya tanpa hitungan) pada musim wabah penyakit maka ia aman dan selamat dari wabah penyakit itu.

Sholawat memang sangat lengkap dan kompleks manfaatnya. Tidak hanya untuk mendatangkan hajat namun juga untuk keselamatan dari wabah penyakit. Yaitu salah satu cara yang ampuh agar selamat dari wabah penyakit adalah dengan memperbanyak membaca sholawat munjiyat.

Banyak doa-doa keselamatan, amalan-amalan dan wirid-wirid agar selamat dari wabah penyakit. Bisa kita pilih salah satu atau beberapa dari amalan-amalan itu agar selamat dari wabah penyakit. Sholawat munjiyat ini juga bisa dijadikan amalan alternatif agar kita diberi keselamatan oleh Allah dari wabah penyakit.

Khasiat Sholawat Munjiyat untuk Keperluan Mendesak

و من اكثر منها عند ركوب البحر امن من الغرق

Barang siapa memperbanyak membaca sholawat munjiyat (membaca sholawat munjiyat tanpa hitungan) ketika mengendarai kapal, maka ia selamat dari tenggelam.

Keterangan ini menjelaskan bahwa sholawat munjiyat dapat menjadi amalan yang dapat diandalkan ketika semuanya terasa sudah tidak ada yang bisa diandalkan.

Ketika seseorang merasa sudah putus asa dan merasa menyerah terhadap masalah yang dihadapinya. Merasa sudah tidak ada lagi yang bisa ia andalkan kecuali Allah. Merasa bingung apa yang harus ia lakukan. Maka, sholawat munjiyat ini hadir sebagai amalan penyelamat. Ibarat sebuah senjata, sholawat munjiyat ini adalah senjata pamungkas. Senjata yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kehidupan sebesar apapun masalah itu. Cara mengamalkan sholawat munjiyat untuk mengatasi masalah yang besar adalah dengan membacanya sebanyak-banyaknya tanpa hitungan. Kalau ingin dihitung apakah boleh? Boleh, karena pada dasarnya yang terpenting adalah membaca sholawat munjiyat yang banyak, untuk masalah jumlah, terserah berapa saja boleh.

Khasiat Sholawat Munjiyat untuk Melancarkan Rezeki atau Kekayaan

و من قرأها خمسمائة مرة ينال ما يريد فى الجلب و الغنى ان شاء اللّه تعالى و هى مجرب صحيحة فى جميع ذلك و اللّه تعالى اعلم اه

Barang siapa yang membaca sholawat munjiyat 500x maka ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan dalam melancarkan rezeki dan mendatangkan kekayaan dengan izin Allah Ta’ala. Dan sholawat munjiyat ini mujarab dan benar dalam semua khasiat-khasiat itu. Dan Allah Ta’ala yang lebih Mengetahuinya.

Seperti halnya sholawat nariyah untuk kekayaan, sholawat fatih untuk kekayaan, sholawat jibril untuk jodoh, sholawat ismul adzom untuk kekayaan. Maka sholawat munjiyat ini juga merupakan sholawat yang sangat ampuh untuk melancarkan rezeki atau bisa juga digunakan sebagai sholawat munjiyat untuk kekayaan.

Keterangan ini sangat jelas dan gamblang, bahwa sholawat munjiyat untuk kekayaan atau melancarkan rezeki ini mujarab dan ampuh. Jadi, jika kita ingin mempunyai amalan yang mujarab dan ampuh untuk pesugihan islami dan tanpa tumbal. Maka, salah satu alternatifnya adalah memilih sholawat munjiyat sebagai amalan setiap hari.

Sebagai seorang muslim yang gemar membaca sholawat, maka sholawat munjiyat tentunya juga sangat menarik untuk diamalkan juga. Namun ada yang perlu diperhatikan, membaca sholawat yang diingat harus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena pada dasarnya membaca sholawat adalah mendoakan rahmat untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Begitu juga membaca sholawat yang lain seperti sholawat nariyah, sholawat jibril, sholawat fatih, sholawat ismul adzom atau sholawat yang lain. Boleh kita ingin sesuatu dibalik sholawat yang kita baca. Sesuatu itu seperti ingin harapan dan cita-citanya terwujud. Sesuatu itu adalah khasiat dan fadhilah dari sholawat yang kita baca. Kita niatkan hajat kita itu sebelum membaca sholawat. Agar sebelum membaca sholawat kita merasa lebih bersemangat. Tapi, ketika membaca sholawat yang diingat bukan hajat kita lagi. Ketika membaca sholawat, fokus kita adalah mendoakan rahmat untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Karena khasiat yang besar dari sholawat adalah dari sholawat yang kita baca itu sendiri.

Demikian ulasan sholawat munjiyat dan artinya, sholawat munjiyat untuk keselamatan dan sholawat munjiyat kekayaan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga bisa istiqomah.

Dan yang terakhir, semoga kita menjadi golongan hamba-hamba Nya yang gemar membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Aamiin..

Tentang Penulis

Website | + posts

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Mubtadi-ien International.

Pendidikan : Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed