by

Sholawat Nuril Anwar dan Artinya

Sholawat Nuril Anwar dan artinya ini lengkap dengan ulasan tentang seperti apakah kesaktian sholawat nuril anwar? Bagaimanakah khodam sholawat nuril anwar? Dan bagaimana cara mengamalkan sholawat nuril anwar?

Pertanyaan-pertanyaan ini sangatlah penting untuk diketahui jawabannya bagi para pecinta sholawat. Supaya shalawat nuril anwar ini bisa jadi pilihan utama diantara banyaknya pilihan ketika ingin membaca sholawat.

Sholawat nuril anwar merupakan salah satu sholawat yang sangat besar khasiatnya. Baik dilihat dari khasiat, fadhilah, manfaat, khodam dan kesaktiannya. Barangkali ada diantara kita yang sudah mengamalkan sholawat nariyah, sholawat jibril, sholawat munjiyat, sholawat fatih dan sholawat yang lain. Pembahasan sholawat nuril anwar lengkap ini insya Allah bisa menambah semangat tersendiri dalam membaca sholawat khususnya untuk membaca sholawat nuril anwar.

Sebelum kita mulai pembahasan tentang sholawat nuril anwar dan artinya, cara mengamalkan sholawat nuril anwar. Kita akan membahas terlebih dahulu hadits barang siapa yang membaca sholawat? Atau hadits yang menjelaskan apa keutamaan dari sholawat?

Shalawat Bisa Mengabulkan Keinginan

Dijelaskan dalam kitab Dairobi halaman 51 bahwa bagi seorang muslim yang cerdas dan pintar sebaiknya banyak membaca sholawat. Mengapa seorang muslim yang cerdas dan pintar dianjurkan untuk banyak membaca sholawat? Alasannya adalah karena shalawat bisa mengabulkan keinginan, dalam artian yaitu jika kita banyak membaca sholawat maka Allah akan mengabulkan keinginan dan doa kita. Berikut ini teks asli kitab Dairobi halaman 51 yang menjelaskan tentang Apakah shalawat bisa mengabulkan keinginan?

و اعلم ان فوائدها و منافعها كثيرة قد أفردها بعض العلماء بتأليف. فينبغى للعاقل اللبيب ان يكثر من الصلاة و السلام على النبى الحبيب. فان ذلك جلب لكل نفع و دفع لكل ضرر دنيا و أخرى

Artinya : “Ketahuilah bahwa sesungguhnya sholawat memiliki banyak faidah dan manfaatnya. Bahkan sebagian ulama telah membuat kitab yang khusus untuk menjelaskan faidah dan manfaat shalawat ini. Oleh karena itu lah, seorang muslim yang cerdas dan pintar sebaiknya memperbanyak membaca sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam yang menjadi kekasih Allah. Karena sholawat bisa menarik semua kemanfaatan dan menolak semua kemudharatan (bahaya) baik di dunia maupun di akhirat.”

Keterangan ini bisa menjadi ibarot atau bukti bahwa sholawat memang bisa mengabulkan keinginan. Jadi, apakah shalawat bisa mengabulkan keinginan? Jawabannya tentu saja bisa. Dalam artian ketika kita memperbanyak membaca sholawat maka Allah akan mengabulkan keinginan dan doa kita.

Keinginan apa saja yang bisa dikabulkan dengan menggunakan metode membaca sholawat ini? Semua keinginan kita. Karena sholawat bisa menarik semua kemanfaatan. Perlu di garis bawahi menarik semua kemanfaatan ini. Karena bisa menarik semua kemanfaatan. Maka, kita menjadi semakin mantap bahwa sholawat memiliki semua manfaat yang kita butuhkan. Ingin kaya, ingin jodoh, ingin penghasilan tambahan, ingin rezeki banyak dan mudah dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya bisa dikabulkan dengan cara memperbanyak membaca sholawat.

Ingin lebih mantap lagi apakah shalawat bisa mengabulkan keinginan? Simak hadits-hadits tentang sholawat berikut ini:

قَالَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَلْقَى اللّٰهَ وَ هُوَ عَنْهُ رَاضٍ فَلْيُكْثِر مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Artinya : Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang bahagia jika bertemu dengan Allah dan Allah ridla kepadanya, maka hendaklah ia memperbanyak membaca sholawat kepadaku.”

Jika Allah sudah ridla maka apa yang kita inginkan pasti akan kita dapatkan. Caranya bagaimana agar kita selalu mendapat ridla dari Allah? Caranya yaitu dengan memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Sehingga dalam hidupnya akan mendapatkan ridha Allah. Jadi, dari hadits ini kita menjadi tahu. Bagaimana agar hidup kita bahagia dan selalu diridlai Allah. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan memperbanyak membaca sholawat nabi.

وَ قَالَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ اَكْثِرُاوْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فَاِنَّهَا تُحِلُّ الْعُقَدَ وَ تُفْرِجُ الْكُرَبَ

Artinya : Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Perbanyaklah membaca sholawat kepadaku karena sesungguhnya sholawat bisa menghilangkan kesulitan dan memberikan jalan keluar dari kesusahan.”

Hadist ini juga menjadi dalil bahwa sholawat bisa mengabulkan keinginan kita. Terkadang seseorang merasa kesusahan yang sangat besar, entah itu masalah ekonomi, terlilit hutang dan masalah yang lain. Mungkin bisa jadi sampai merasa menyerah dan tak berdaya. Sudah kesana kemari berusaha namun tidak ada hasil yang memuaskan. Hanya Allah saja yang bisa diandalkan.

Namun, disisi lain ketika menghadap kepada Allah, apalah daya karena dirinya merasa banyak dosa. Iya kalau dirinya waliyullah yang dekat kepada Allah, jika berdoa langsung dikabulkan. Dalam keadaan yang seperti ini, seseorang yang mau memperbanyak membaca sholawat tentu akan mendapatkan jalan dari semua masalahnya itu. Apakah semudah itu?

Kita lihat kembali makna dari hadits tentang sholawat yang sedang kita bahas kali ini. Kita diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk memperbanyak membaca sholawat agar kita bisa terlepas dari kesulitan dan diberi jalan keluar dari kesusahan. Sudah jelas bukan? Jika memperbanyak membaca sholawat benar-benar cara yang ampuh untuk mengatasi semua masalah dan mengabulkan semua keinginan. Sudah siap untuk menjadi seorang yang gemar membaca sholawat?

Jika sudah mantap dan ingin memperbanyak membaca sholawat, lantas apa yang harus dilakukan berikutnya?

Langkah berikutnya adalah harus tahu bagaimana shalawat nabi yang benar?

Membaca sholawat nabi yang benar, tidak asal-asalan dan ada tata caranya. Seperti membaca sholawat nariyah 11x setiap selesai sholat fardhu, membaca sholawat munjiyat dan sholawat yang lain. Cara mengamalkan sholawat nuril anwar juga harus dipelajari juga jika yang ingin dibaca adalah sholawat nuril anwar. Dengan demikian kesaktian sholawat nuril anwar, khodam sholawat nuril anwar ini bisa didapatkan dengan mudah.

Bagaimana Cara Membaca Shalawat Nabi yang Benar?

Sebelum kita membahas sholawat nuril anwar dan artinya dengan lengkap. Sholawat nuril anwar ini dibaca berapa kali setiap hari. Kita bahas dulu bagaimana shalawat nabi yang benar?

Cara membaca shalawat nabi yang benar adalah :

1. Kita niatkan dalam membaca sholawat nabi adalah untuk mendapatkan ridlo dari Allah. Seperti hadits yang sudah kita bahas, bahwa dengan kita memperbanyak membaca sholawat maka kita akan mendapatkan ridla dari Allah SWT.

2. Kita niatkan dalam membaca sholawat nabi karena kita cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

3. Kita niatkan apa yang menjadi hajat atau keinginan kita. Misalkan ingin rejeki yang banyak dan mudah dan lain sebagainya. Tahapan ini adalah tahapan yang paling dinanti, yaitu kita membaca sholawat dengan niat agar hajat kita dikabulkan oleh Allah. Dengan niat seperti ini maka dalam membaca sholawat akan lebih bersemangat.

4. Setelah itu, kita membaca sholawat (sholawat nuril anwar, sholawat nariyah, sholawat jibril atau sholawat yang lainnya). Ketika membaca sholawat, yang kita ingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bukan lagi hajat kita. Hajat atau keinginan kita sudah cukup kita niatkan sebelum membaca sholawat.

Ketika membaca sholawat, yang diingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Karena jika kita membaca sholawat, maka sholawat kita itu akan dihaturkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Sehingga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tahu bahwa kita membaca sholawat. Oleh karena itulah jika seseorang banyak membaca sholawat, maka ia semakin dikenal oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Disisi lain, sholawat yang kita baca memiliki khasiat yang besar. Sehingga hajat dan keinginan kita dikabulkan oleh Allah. Terkabulnya doa ini bermacam-macam, ada yang langsung dan juga bertahap. Jadi, yang terpenting ialah tetap memperbanyak membaca sholawat dan yakin bahwa sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang faidah shalawat itu pasti benar. Dan ingat, bahwa semua itu membutuhkan proses. Kita nikmati saja prosesnya dan kita akan mengerti betapa indah dan bernilainya sebuah proses ketika kita sudah bisa merasakan hasilnya.

Manfaat Membaca Shalawat Nabi 100 Kali

Berikut ini masih mengambil keterangan hadits yang dikutip dari kitab Dairobi halaman 51. Hadist ini menjelaskan tentang apa manfaat membaca shalawat nabi 100 kali?

قَالَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةَ مَرَّةٍ قُضِيَتْ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ ثَلَاثُوْنَ مِنْهَا فِى الدُّنْيَا وَ سَائِرُهَا فِى الْآخِرَةِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah mengabulkan 100 hajatnya, 30 hajat dikabulkan di dunia dan sisanya (70 hajat) dikabulkan di akhirat.

Hadits ini menjelaskan bahwa sholawat bisa memiliki khasiat agar hajat kita dikabulkan oleh Allah. Kita tidak niat apa-apapun ketika membaca sholawat. Hanya ikhlas untuk mencari ridho Allah. Maka tetap saja untuk setiap 100 kali sholawat yang kita baca, Allah mengabulkan 100 hajat kita, 30 hajat dikabulkan di dunia dan 70 hajat dikabulkan di akhirat. Yakin apa yakin? Tentu harus yakin karena ini adalah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pengarang Sholawat Nuril Anwar

Sholawat Nuril Anwar merupakan salah satu sholawat yang memiliki kedahsyatan dan kesaktian yang luar biasa dalam terkabulnya permohonan atau hajat. Pengarang sholawat nuril anwar adalah Al Quthbu Al Kamil As Sayyid Ahmad Badawi radliyallahu ‘anhu.

Sholawat Nuril Anwar dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ الْأَنْوَارِ، وَ سِرِّ الْأَسْرَارِ، وَ تِرْيَاقِ الْاَغْيَارِ، وَ مِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ، وَ آلِهِ الْأَطْهَارِ، وَ أَصْحَبِهِ الْأَخْيَارِ، عَدَدَ نِعَمِ اللّٰهِ وَ إِفْضَالِهِ

Sholawat Nuril Anwar Latin

“Alloohumma sholli ‘alaa nuuril anwaari, wa sirril asroori, wa tiryaaqil aghyaari, wa miftaahi baabil yasaari, sayyidinaa muhammadinil mukhtaari, wa aalihil ath haari, wa ash haabihil akhyaari, ‘adada ni’amillaahi wa ifdloolihi.”

Sholawat Nuril Anwar dan Artinya

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat atas cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segala rahasia, penawar duka, pembuka pintu kemudahan, yaitu junjungan kita Nabi Muhammad yang menjadi manusia pilihan, dan juga kepada keluarganya yang suci, para sahabatnya yang baik, sebanyak kenikmatan dan karunia Nya.”

Ijazah Sholawat Nuril Anwar

Berikut ini teks asli dari kitab Alfadz Ash Sholawat halaman 24 tentang ijazah sholawat nuril anwar dan khasiatnya :

قال ذكر كثير من العارفين أنها مجرب لقضاء الحاجات و كشف الكربات و دفع المعضلات و حصول الانوار و الاسرار بل مجربة لجميع الاشياء و عدة وردها مائة مرة كل يوم

Telah berkata As Sayyid Ahmad Dahlan “Banyak ulama ma’rifat yang menjelaskan bahwa sholawat nuril anwar mujarab untuk terkabulkannya hajat, menghilangkan kesusahan, menolak perkara yang menyulitkan, dan menghasilkan cahaya dan rahasia. Bahkan sholawat nuril anwar ini mujarab untuk semua perkara. Cara membaca sholawat nuril anwar adalah dengan membaca sholawat nuril anwar 100x setiap hari.”

Keterangan ini sudah cukup bagi kita untuk meyakinkan dan memantapkan hati kita untuk mengamalkan ijazah sholawat nuril anwar.

Selain itu, keterangan ini juga merupakan penjelasan dari banyak ulama yang sudah ma’rifat, sehingga kisah nyata pengamal sholawat nuril anwar ini juga tidak perlu diragukan lagi jumlahnya karena pasti banyak yang mengamalkannya atas rekomendasi dari banyak ulama yang sudah ma’rifat tersebut.

Cara Mengamalkan Sholawat Nuril Anwar

Sholawat nuril anwar dan artinya ini tentu sangat baik dan penting untuk diamalkan terutama bagi yang ingin mendapatkan khodam sholawat nuril anwar dan kedahsyatan dari sholawat nuril anwar dan artinya ini.

Adapun cara mengamalkan sholawat nuril anwar adalah membaca sholawat nuril anwar 100 kali setiap hari. Dengan membaca sholawat ini 100 kali maka kita berarti melakukan riyadhoh sholawat nuril anwar sehingga kita bisa mendapatkan khodam sholawat nuril anwar dan dahsyatnya sholawat nuril anwar.

Demikian ulasan mengenai sholawat nuril anwar dan artinya. Lengkap juga dengan penjelasan mengenai pengarang sholawat nuril anwar, teks sholawat nuril anwar, sholawat nuril anwar latin, ijazah sholawat nuril anwar dan cara mengamalkan sholawat nuril anwar. Silahkan boleh diamalkan, semoga hajat-hajat kita semua berhasil. Aamiin.

+ posts

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Al Ishlah Lasem Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.