by

Khasiat Sholawat Mas’udiyah Karya KH. Ali Mas’ud (Gus Ud)

Sholawat Mas’udiyah merupakan salah satu jenis sholawat yang dikarang oleh Wali Allah yaitu oleh KH. Ali Mas’ud (Gus Ud) dari Pagerwojo, Sidoarjo Jawa Timur. Kiyai Ali Mas’ud adalah guru dari Gus Miek Ploso yang mendirikan amalan dzikir Jama’ah Mujahadah Lailiyah, Dzikrul Ghofilin, dan sema’an al-Qur’an Jantiko Mantab.

Sholawat ini juga sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat karena memiliki banyak khasiat dan kebaikan bagi mereka yang rutin membacanya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai asal-usul Sholawat Mas’udiyah, kandungan dan isi dari sholawat tersebut, serta khasiat dan manfaat yang dapat diambil oleh mereka yang rutin membacanya.

Sholawat Mas’udiyah merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih ridha-Nya, sehingga membaca sholawat ini sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam.

Khasiat Sholawat Mas’udiyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سِرِّ الْوُجُوْدِ وَ مَسْعُوْدٍ وَ عَلَى آلِهٖ وَ صَحْبِهٖ اَكْرَمِ مَوْلُوْدٍ تَحَصَّنَّا بِذِى الْعِزَّةِ وَ الْجَبَرُوْتِ، وَ اعْتَصَمْنَا بِذِى الْمُلْكِ وَ الْمَلَكُوْتِ، وَ تَوَكَّلْنَا عَلَى الْحَيِّ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ، اِصْرِفْ عَنَّا هٰذَا الْوَبَاءَ وَ الطَّاعُوْنَ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَ دَوَائِهَا، وَ عَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَ شِفَائِهَا، وَ نُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَ قُوْتِ الْاَرْوَاحِ وَ غِذَائِهَا، وَ عَلَى آلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلِّمْ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ كُلّ دَاءٍ وَ دَوَاءٍ، وَ بَارِكْ وَ سَلِّمْ عَلَيْهِ وَ عَلَيْهِمْ كَثِيْرًا كَثِيْرًا، وَ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى جَمِيْعِ الْاَنْبِيَاءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَ اٰلِ كُلٍّ وَ صَحْبِهِ كُلٍّ اَجْمَعِيْنَ. اَللّٰهُمَّ يَالَطِيْفُ يَاقَدِيْرُ نَسْئَلُكَ اللُّطْفَ فِيْمَا جَرَتْ بِهِ الْمَقَادِرُ. تَقَبَّلَ اللّٰهُ دُعَاءَنَا مَعَ السَّلَامَةِ وَ الْعَافِيَةِ بِحَقِّ دَاوٗدَ وَ سُلَيْمَانَ وَ يَحْيَى وَ زَ كَرِيَّا عَلَيْهِمُ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ. وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Ini adalah Sholawat Mas’udiyah yaitu sholawat yang dikarang oleh KH. Ali Mas’ud (Gus Ud) yang merupakan wali Allah dan wali lauhul mahfudz. Seorang wali yang ummi (tidak bisa baca tulis) dan tidak pernah belajar di tempat menuntut ilmu. Tapi pada kenyataannya beliau bisa hafal Al Quran beserta makna dan tafsirnya.

* Mari membangun kebersamaan dan keberkahan dengan membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama (dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dengan mengklik tautan ini.

Karena itu, sahabat-sahabat marilah kita amalkan sholawat mas’udiyah ini. Insya Allah kita diberi oleh Allah karunia berupa sehat wal afiyat, bisa semangat untuk melakukan ibadah, dan diberi keberuntungan dan keberkahan rezekinya dan diberi khusnul khotimah baik di dunia dan juga di akhirat.

Membaca Sholawat Mas’udiyah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam sholawat ini, kita memuji dan memohon kepada Allah untuk memberikan rahmat dan kasih sayang kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Sholawat Mas’udiyah juga memiliki banyak khasiat, baik secara spiritual maupun fisik. Banyak dari para ulama yang mengungkapkan bahwa sholawat memiliki kemampuan untuk menenangkan jiwa, menghilangkan kesusahan, dan membantu dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan.

Oleh karena itu, Sholawat Mas’udiyah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat bermanfaat bagi setiap Muslim. Mari kita memperbanyak membaca Sholawat Mas’udiyah dan merasakan khasiat-khasiat dalam diri kita sendiri.

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Al Ishlah Lasem Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri

* Mari membangun kebersamaan dan keberkahan dengan membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama (dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dengan mengklik tautan ini.