by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 267)

Diriwayatkan oleh imam Rozin, Nabi ﷺ bersabda ; Kelak di hari kiamat, ada seorang laki2 yg di pegangi (digandoli) oleh laki2 lain yg tidak di kenalnya ,dan laki2 itu berkata ; ada apa denganmu, apa salahku kepadamu , aku tidak mengenalmu!

Laki2 lain itu menjawab ; Kamu pernah melihat aku sedang melakukan maksiat dan kemunkaran tetapi kamu tidak melarang aku.

Imam Bukhori & Muslim meriwayatkan hadits, Nabi ﷺ bersabda; Kelak di hari kiamat, didatangkanlah seorang laki2 ,lalu dimasukkan kedalam Neraka, dan isi perutnya keluar (brodol) sambil berputar2 di Neraka, lalu penduduk Neraka datang berkumpul dan bertanya; hai fulan… Kamu kenapa? Bukankah kamu di dunia sering ber amar ma’ruf dan nahi munkar?

Laki2 itu menjawab ; Iya… aku menyuruh kalian dengan kebaikan tetapi aku tidak melakukan nya dan aku melarang kalian dari kemunkaran tetapi aku melakukan kemunkaran tersebut.

Nabi ﷺ bersabda; Alloh menurunkan wahyu kepada Jibril dan berfirman; Hai Jibril…. binasakan penduduk kota ini…..

Jibril berkata; Ya Robbi…. di kota itu ada fulan yg tidak pernah berbuat maksiat?

Alloh berfirman; Binasakan dia bersama penduduk lainnya, karena wajahnya tidak pernah marah (ketika melihat kemunkaran).

Mudah2an kita mendapatkan pertolongan untuk bisa melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar. Aamiin.

irsyad. 267

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.