by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Berbohong

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 262)

تنبيه
الكذب عند اهل السنة هو الاخبار بالشيئ على خلاف ما هو عليه سواء اعلم ذلك وتعمد ام لا واما العلم والتعمد فانما هما شرطان للاثم

Tanbihun / Peringatan

Yang dinamakan Bohong menurut Ahli sunnah yaitu memberitakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan, sama juga dia mengerti dan sengaja berbohong atau tidak mengerti, adapun mengerti dan sengaja berbohong itu menjadi syarat dia berdosa.

واعلم
انه قد يباح وقد يجب

Ketahuilah! Bahwasanya berbohong itu terkadang boleh dan terkadang wajib.

Definisinya yaitu setiap sesuatu yg dimaksud/yg dituju itu baik, dan bisa mencapai tujuannya dengan jujur dan berbohong maka hukumnya berbohong itu HARAM.

Jika bisa mencapai tujuannya hanya dengan berbohong dan yang di tuju itu mubah/boleh maka hukumnya berbohong itu boleh.

Jika yg di tuju itu hukumnya wajib, dan bisa mencapai tujuan hanya dengan berbohong, maka hukumnya berbohong itu wajib.

Contoh, engkau melihat orang baik2 yg teraniaya dan dia sedang diburu oleh orang dzolim yg akan membunuhnya, lalu dia bersembunyi dirumahmu, dan orang dzolim itu bertanya kepadamu; Apa kamu melihat orang itu? Maka kamu wajib berbohong dengan menjawab; Aku tidak tahu. Karena menjaga darah orang yg tak bersalah dari orang2 yg dzolim itu hukumnya wajib.

(Bersambung)

Mudah2an kita dijauhkan dari kebohongan. Aamiin.

irsyad. 262

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.