by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Dzolim atau Menganiaya

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 312)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra beliau berkata; kelak di hari kiamat, di peganglah tangan seorang hamba di hadapan mahluk/orang banyak, lalu di serukan “Orang ini adalah fulan bin fulan… barang siapa yang mempunyai hak kepadanya maka datanglah untuk mengambil haknya! Maka bergembiralah seorang wanita yang mempunyai hak atas anaknya atau saudaranya.

Lalu Ibnu Abbas membaca ayat

فَلاَ انْسَابَ بَيْنَهُمْ يَوْمَئِذٍ وَلاَ يَتَسَاءَلُوْنَ

(Bila sangkakala telah di tiup /hari kiamat) Sejak itu tak ada lagi hubungan keluarga diantara mereka, dan tidak ada lagi kesempatan untuk saling bertanya.
QS. al Mukminun ayat 101

Ibnu Abbas berkata; Maka Alloh mengampuni haknya (dosa manusia kepada Alloh) apa-apa yg dikehendakinya, dan Alloh tidak mengampuni sedikit pun hak-hak/dosa antar sesama manusia.

Lalu Alloh mengadili dan memanggil seseorang di hadapan manusia, lalu Alloh berfirman kepada orang-orang yang mempunyai hak kepada orang itu,
Alloh berfirman “Datanglah untuk mengambil hak kalian!

Lalu hamba tersebut berkata “Ya tuhanku… dunia sudah sirna, dari mana aku memberikan hak kepada mereka?

Alloh berfirman kepada Malaikat “Ambillah dari pahala kebaikan orang itu dan berikan kepada orang-orang yg menuntutnya sesuai dengan tuntutannya.

Jika orang itu seorang wali dan masih ada sisa kebaikannya seberat biji sawi maka Alloh akan melipat gandakan kebaikan itu sehingga dia masuk surga, jika orang itu celaka dan amal kebaikannya tidak ada sisanya, maka Malaikat berkata kepada Alloh “Ya tuhan kami… kebaikannya telah habis sedangkan orang yg menuntut masih ada?

Maka Alloh SWT berfirman “Ambillah dosanya orang yang menuntut dan tambahkan ke dosanya orang itu, lalu masukkan dia ke Neraka.

Mudah-mudahan kita di jauhkan dari siksa Neraka. Aamiin.

irsyad. 312

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.