by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Tentang Menanggung Anak Yatim, Mengasihi dan Menafkahi Para Janda

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 325)

وابن ماجه ،خَيْرُ بَيْتٍ فِى المُسْلِمِيْنَ بَيْتٌ فِيْهِ يَتِيْمٌ يُحْسَنُ اِلَيْهِ وَشَرُّ بَيْتٍ فِى المُسْلِمِيْنَ بَيْتٌ فِيْهِ يَتِيْمٌ يُسَاءُ اِلَيْهِ

Nabi ﷺ bersabda; Sebaik-baik rumahnya orang islam ialah rumah yang terdapat anak yatimnya dan diperlakukan dengan baik, seburuk-buruk rumah ialah rumah yang terdapat anak yatimnya dan tidak diperlakukan dengan baik.

وحمزة بن يوسف وابن النجار ، اَنَّ فِى الجَنَّةِ دَارًا يُقَالُ لَهَا دَارُ الْفَرَحِ لاَ يَدْخُلُهَا اِلاَّ مَنْ فَرَّحَ يَتَامَى المُؤْمِنِيْنَ

Nabi ﷺ bersabda; Didalam surga terdapat rumah yg tidak dapat memasukinya kecuali orang-orang yang membahagiakan anak yatimnya orang-orang mukmin.

وابو يعلى ، انا اول من يفتح له باب الجنة الا انى ارى امرأة تبادرنى فاقول مالك ومن انت تقول انا امرأة قعدت على ايتام لى

Nabi SAW bersabda; Aku pertama kali orang yang dibukakan pintu surga kecuali aku melihat seorang wanita yang mendahuluiku, aku bertanya; Ada apa denganmu, kenapa kamu mendahuluiku, siapa kamu?

Wanita itu menjawab, aku wanita yang mempunyai beberapa anak yatim.

Mudah-mudahan kita mendapatkan ridlo dari Alloh SWT. Aamiin.

irsyad 325

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.