by

Kitab Irsyadul Ibad Bab Tentang Menanggung Anak Yatim, Mengasihi dan Menafkahi Para Janda

Kitab Irsyadul Ibad

Kajian ke ( 326)

والطبرانى ، وَالَّذِى بَعَثَنِى بالحَقِّ لاَ يُعَذِّبُ اللّهُ يَوْمَ القيامة مَنْ رَحِمَ الْيَتِيْمَ وَاَلاَنَ لَهُ فِى الكَلاَمِ وَرَحِمَ يُتْمَهُ وَضُعْفَهُ وَلَمْ يَتَطَاوَلْ عَلَى جَارِهِ بِفَضْلِ مَا آتَاهُ اللهُ

Nabi ﷺ bersabda ; Demi Dzat yang mengutusku dengan sebenar-benarnya ,kelak di hari kiamat Alloh tidak akan menyiksa orang yang mengasihi anak yatim, melembutkan kan ucapan kepadanya, mengasihi keyatiman dan lemahnya, dan dia tidak bakhil/tidak sombong kepada tetangganya dengan anugrah /rizqi yang telah diberikan Alloh kepadanya.

واحمد ، مَنْ مَسَحَ عَلَى رَأْسِ يَتِيْمٍ لَمْ يَمْسَحْهُ اِلاَّ لِلّهِ كَانَتْ لَهُ فِى كُلِّ شَعْرَةٍ مَرَّتْ يَدُهُ عَلَيْهَا حَسَنَاتٍ

Nabi ﷺ bersabda; Barang siapa yang mengusap anak yatim karena Alloh maka setiap helai rambut yang diusapnya dia diberikan kebaikan/pahala .

Diriwayatkan, Alloh SWT berfirman kepada Nabi Ya’qub as, sesungguhnya sebab hilangnya penglihatan nabi Ya’kub, lemah punggungnya, dan sebab perbuatan saudara-saudara nabi yusuf kepadanya ialah suatu saat, nabi Ya’qub kedatangan anak Yatim yg puasa dan lapar, dan nabi Ya’kub sekeluarga lagi /sedang menyembelih kambing dan memakannya (mayoran) dan tidak memberi makan kepada anak yatim tersebut, lalu Alloh swt memberitahukan kepadanya bahwa Alloh tidak mencintai sesuatu dari mahluknya melebihi cintanya kepada anak yatim dan orang-orang miskin, dan Alloh memerintahkan kepada nabi Ya’kub untuk memasak makanan dan mengundang orang-orang miskin.

Mudah-mudahan kita selalu mendapatkan pertolongan untuk meningkatkan amal kebaikan kita dan mudah-mudahan diterima oleh Alloh SWT. Aamiin.

Irsyad. 326

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.