by

Cara Membaca Sholawat yang Benar

Cara membaca sholawat yang benar harus diketahui para pecinta sholawat supaya sholawatnya lebih mujarab. Berikut ini kami ulas cara membaca sholawat yang benar dengan lengkap sehingga bisa yakin dan mantap ketika membaca dan memperbanyak membaca sholawat.

Cara Membaca Sholawat yang Benar

Cara membaca shalawat yang benar adalah :

1. Mendapatkan Ridlo dari Allah

Kita niatkan dalam membaca sholawat nabi adalah untuk mendapatkan ridlo dari Allah. Seperti hadits yang sudah kita bahas, bahwa dengan kita memperbanyak membaca sholawat maka kita akan mendapatkan ridla dari Allah SWT.

2. Cinta kepada Rasulullah Shallalâhu ‘Alaihi Wa Sallam

Kita niatkan dalam membaca sholawat nabi karena kita cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

3. Niat Hajat dan Keinginan

Kita niatkan apa yang menjadi hajat atau keinginan kita. Misalkan ingin rejeki yang banyak dan mudah dan lain sebagainya.

4. Ingat Rasulullah shallalâhu ‘alaihi wa sallam

Setelah itu, kita membaca sholawat (sholawat nuril anwar, sholawat nariyah, sholawat jibril atau sholawat yang lainnya). Ketika membaca sholawat, yang kita ingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bukan lagi hajat kita. Hajat atau keinginan kita sudah cukup kita niatkan sebelum membaca sholawat.

Ketika membaca sholawat, yang diingat adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Karena jika kita membaca sholawat, maka sholawat kita itu akan dihaturkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Sehingga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tahu bahwa kita membaca sholawat. Oleh karena itulah jika seseorang banyak membaca sholawat, maka ia semakin dikenal oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Selain itu, sholawat yang kita baca memiliki khasiat yang besar. Sehingga hajat dan keinginan kita dikabulkan oleh Allah. Terkabulnya doa ini bermacam-macam, ada yang langsung dan juga bertahap. Jadi, yang terpenting ialah tetap memperbanyak membaca sholawat dan yakin bahwa sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang faidah shalawat itu pasti benar. Dan ingat, bahwa semua itu membutuhkan proses. Kita nikmati saja prosesnya dan kita akan mengerti betapa indah dan bernilainya sebuah proses ketika kita sudah bisa merasakan hasilnya.

5. Ikhlas karena Allah

Seperti kita bekerja dengan niat supaya mendapatkan uang, tapi kerja itu harus ikhlas karena Allah supaya tidak kecewa dengan hasil kerja kerasnya. Karena hasil semua yang menentukan adalah Allah. Bekerja mencari nafkah sekeras apapun, tetap hasilnya hanya Allah yang tahu dan yang menentukan. Begitu juga membaca sholawat, harus ikhlas karena Allah, supaya tidak kecewa dengan hasil kerja kerasnya. Karena hasil semua yang menentukan adalah Allah. Supaya tetap semangat dalam membaca sholawat dan bersyukur terhadap semua hasil dari jerih payah kita, karena sudah menjadi takdir Allah untuk memperolehnya.

 

Tentang Penulis

Pengasuh Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Mubtadi-ien International.

Pendidikan : Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed