by

Khasiat Sholawat Jibril untuk Jodoh

Sholawat Jibril untuk Jodoh – Artikel ini akan mengulas tentang sholawat jibril. Sholawat ini disebut sebagai sholawat jibril karena yang pertama membaca sholawat jibril ini adalah Malaikat Jibril ketika memberi pengajaran kepada Nabi Adam ‘alaihis salam.

Berikut ini keterangan yang terdapat pada kitab Alfadzus Sholawat halaman 12 :

Sholawat Jibril untuk Jodoh

قَالَ الْاِمَامُ الشَّعْرَانِى كَانَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ : مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلَاةَ فَقَدْ فَتَحَ عَلَى نَفْسِهِ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ الرَّحْمَةِ وَ اَلْقَى مَحَبَّتَهُ فِيْ قُلُوْبِ النَّاسِ. فَلَا يَغْضَبُهُ اِلَّا مَنْ فِيْ قَلْبِهِ نِفَاقٌ

Bacaan sholawat jibril adalah :

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

(latin : shollalloohu ‘alaa muhammad).

Imam Asy Sya’roniy berkata, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa membaca sholawat jibril ini maka ia benar-benar telah membukakan 70 rahmat untuk dirinya.

Dan Allah akan menjadikan manusia cinta kepadanya. Maka, tidak ada seorangpun yang marah kepadanya kecuali di dalam hatinya ada sifat munafik.”

Hadits ini menjadi dasar kami untuk memilih judul artikel tentang manfaat sholawat ini dengan Sholawat Jibril untuk Jodoh. Karena sholawat ini memiliki khasiat menjadikan orang lain cinta kepada orang yang membaca sholawat jibril. Dan ketika orang-orang banyak yang cinta kepadanya. Terutama bagi yang sedang mencari jodoh. Maka, mudah untuk mencari jodoh. Karena banyak yang suka terhadap dirinya.

Oleh karena itulah Sholawat Jibril untuk Jodoh ini sangat cocok bagi yang masih singgle. Bahkan di dalam hadist diatas diterangkan. Tidak ada orang yang tidak cinta kepadanya. Apalagi membencinya. Jika ada orang marah kepadanya, berarti didalam hati orang yang marah tersebut terdapat sifat munafik.

Selain itu, sholawat ini juga sangat cocok bagi seseorang yang memiliki pemimpin atau atasan yang galak atau pemarah. Supaya atasannya tidak galak atau pemarah lagi kepadanya. Bahkan bisa juga bisa berbalik menjadi cinta kepadanya atau senang kepadanya. Sehingga bisa saja pemimpin atau atasannya itu memberikan bonus untuknya.

Energi Sholawat Jibril

Energi-energi positif dari sholawat jibril yang telah dijelaskan diatas. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Contohnya, bagi yang sudah memiliki keluarga. Energi sholawat jibril ini bisa dimanfaatkan supaya semua keluarganya cinta kepada dirinya. Sehingga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

Dan dibalik energi itu ada sesuatu yang luar biasa. Yaitu sejarah hadits sholawat jibril ini yang mungkin belum banyak yang tahu.

Menurut Syaikh ‘Ali Al Khowwash radliyallahu ‘anhu. Bahwa hadist diatas memiliki riwayat dari Nabi Khidir ‘alaihis salam. Penasaran tentang keterangan selengkapnya?

Simak terus artikel dari www.kanzanesia.com ini. Karena insya Allah pembahasan tentang Sholawat Jibril untuk Jodoh ini akan kami ulas dengan lengkap.

Sholawat untuk Mempermudah Jodoh

قال شيخنا يعنى عليا الخواص رضى اللّه عنهما هذا الحديث و الذى قبله. وهو قوله صلى اللّه عليه و سلم أقرب ما يكون أحدكم منّى اذا ذكرنى و صلى علىّ

رويناهما عن بعض العارفين عن الخضر عليه السلام عن رسول اللّه صلى اللّه عليه و سلم. و هما عندنا صحيحان فى اعلى درجات الصحة. و ان لم يثبتهما المحدثون على مقتضى اصطلاحهم. و اللّه اعلم

Telah berkata Syaikh Ali Al Khowwash radliyallahu ‘anhu, “Hadits ini dan hadits sebelumnya. Yaitu (hadits sebelumnya) :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lebih dekat-dekatnya kalian kepadaku adalah ketika kalian menyebut namaku dan membaca sholawat kepadaku.”

Kedua hadits diatas adalah hadits yang diriwayatkan oleh sebagian dari orang-orang yang makrifat kepada Allah. Dan kedua hadits ini diriwayatkan dari Nabi Khidir alaihis salam dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan bagi kami (Syaikh Ali Al Khowwash radliyallahu ‘anhu) kedua hadits ini merupakan hadits shohih dan keshohihan haditsnya berada ditingkat tertinggi. Walaupun para ulama’ ahli hadits tidak menetapkannya dengan istilah mereka.” Wallahu a’lam.

Dari keterangan Syaikh Ali Al Khowwash radliyallahu ‘anhu ini dapat disimpulkan bahwa hadits tentang sholawat jibril. Yang merupakan sholawat untuk mempermudah jodoh adalah hadits yang luar biasa. Karena riwayat hadits ini dari Nabi Khidir alaihis salam.

Sholawat Jibril untuk Rezeki

Sholawat jibril ini tidak hanya sholawat untuk mempermudah jodoh. Tapi juga bisa dijadikan sholawat untuk mempermudah rezeki. Karena pada dasarnya sholawat ini berkhasiat supaya orang lain menjadi senang atau cinta kepada yang membacanya. Jika sudah senang atau cinta, maka apa yang dikatakannya pasti akan dituruti. Sehingga, lebih mudah ketika mendapatkan jodoh atau ketika mencari rezeki.

Oleh karena itulah, sholawat ini banyak yang mengamalkannya. Bahkan banyak ulama’ dan wali Allah yang mengamalkan sholawat jibril ini. Seperti KH. Kholil Bangkalan (Guru dari pendiri Nahdlatul Ulama, Hadrotussyaikh KH. Hasyim Asy’ari), KH. Abdul Karim Lirboyo, KH. Maksum Lasem dan masih banyak lagi ulama dan wali Allah yang lain.

Sholawat Jibril untuk Kekayaan

Sholawat Jibril untuk kekayaan ini merupakan penjelasan lebih lanjut dari sholawat jibril. Mari kita lanjutkan penjelasan tentang sholawat jibril yang bersumber dari kitab Alfadzis Sholawat ini :

و يؤيد ذلك ما نقله الحافظ السخاوى عن مجد الدين الفَيْرُوزَيادِى صاحب القاموس. بسنده الى الامام السمرقندى. قال سمعت الخضر و الياس على نبينا و عليهما السلام. يقولان سمعنا رسول اللّه صلى اللّه عليه و سلم يقول

Pendapat Syaikh Ali Al Khowwash radliyallahu ‘anhu ini dikuatkan oleh keterangan Imam As Sakhowiy rahimahullah. Keterangan ini menukil dari Mujaddid Ad Diin Al Fairuzayadi yang mengarang kitab Al Qamus.

Dengan sanad dari hadits ini sampai kepada Imam As Samarkandiy rahimahullah. Bahwasannya, Imam As Samarkandiy rahimahullah berkata : “Aku mendengar Nabi Khidir dan Nabi Ilyas alaihimas salam berkata :

مَا مِنْ مُؤْمِنٍ يَقُوْلُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَى مُحَمَّدٍ اِلَّا أَحَبَّهُ النَّاسُ وَاِنْ كَانُوْا اَبْغَضُوْهُ وَ وَاللّٰهِ لَا يُحِبُّوْنَهُ حَتَّى يُحِبُّهُ اللّٰهُ عَزَّ وَ جَلَّ

“Kami berdua (Nabi Khidir dan Nabi Ilyas alaihimas salam) mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ” Tidak ada seorang mukmin yang membaca shollalloohu ‘alaa muhammad (sholawat jibril) kecuali Allah menjadikan manusia cinta kepadanya. Walaupun sebelumnya ia adalah orang yang dibenci. Demi Allah! Mereka tidak cinta kepadanya sehingga Allah yang Maha Agung lagi Maha Mulia yang akan menjadikan mereka menjadi cinta kepadanya.”

وَ سَمِعْنَاهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ عَلَى الْمِنْبَارِ. مَنْ قَالَ صَلَّى اللّٰهُ عَلَى مُحَمَّدٍ فَقَدْ فَتَحَ عَلَى نَفْسِهِ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ الرَّحْمَةِ

“Kami berdua (Nabi Khidir dan Nabi Ilyas alaihimas salam) mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika berada diatas mimbar, “Barangsiapa membaca shollalloohu ‘alaa muhammad maka ia benar-benar telah membukakan untuknya 70 pintu rahmat.”

Dari hadits diatas dapat disimpulkan bahwa sholawat jibril ini juga bisa untuk kekayaan. Karena dengan membaca sholawat jibril maka 70 pintu rahmat dibukakan untuknya. Sehingga rezeki semakin lancar dan bahagia karena banyak orang disekelilingnya yang mencintai dirinya.

Sholawat Jibril untuk Jodoh (Lanjutan)

Dalam membangun mahligai rumah tangga tentu tidak semulus apa yang dibayangkan. Tapi ada cobaan-cobaan yang harus dihadapi. Dan dengan cobaan itulah bisa membuat seseorang akan lebih dewasa dan lebih matang dalam meniti kehidupan.

Untuk mengadapi cobaan-cobaan itu selain dengan berusaha. Juga harus dengan diiringi usaha bathin. Saah satunya yaitu dengan memperbanyak membaca sholawat. Terutama sholawat jibril untuk pembahasan kita saat ini.

Adakalanya cobaan itu berupa orang yang dengki dan hasud. Atau ada orang yang memusuhi. Sehingga mau tidak mau harus bisa mengalahkan musuh itu.

Bagi yang sedang mendapat cobaan seperti ini. Maka artikel ini insya Allah sangat cocok untuk dijadikan referensi untuk mengatasinya. Karena ternyata sholawat jibril bisa juga untuk mengalahkan musuh.

Sholawat Jibril untuk Mengalahkan Musuh

Mari kita simak kisah yang terdapat pada penjelasan berikutnya dari kitab Alfadzus Sholawat halaman 12 ini :

و نقل الحافظ المذكور بالسند المتقدم أن الامام السمرقندى سمع الخضر و الياس ايضا. يقولان كان فى بنى اسرائيل نبي يقال له اسمويل قد رزقه اللّه النصر على الاعداء. وانه خرج فى طلب عدو

فقالوا هذا ساحر جاء ليسحر أعيوننا و يفسد عساكرنا. فنجعله فى ناحية البحر و نهزمه. فخرج فى أربعين رجلا. فجعلوه فى ناحية البحر. فقال اصحابه كيف نفعل؟ فقال احملوا و قولوا صَلَّى اللّٰهُ عَلَى مُحَمَّدٍ. فحملوا و قالوا. فصار اعداؤهم فى ناحية البحر. فغرقوا اجمعهم

Imam As Sakhowiy rahimahullah meriwayatkan hadits yang lain dengan sanad yang sama. Bahwasannya Imam As Samarkandiy rahimahullah mendengar Nabi Khidir dan Nabi Ilyas ‘alaihimas salam berkata :

“Zaman dahulu pernah diutus seorang Nabi yang bernama Nabi Ismuwail ‘alaihis salam (Nabi Samuel ‘alaihis salam) kepada kaum Bani Israil. Nabi Ismuwail ‘alaihis salam ini memiliki kelebihan berupa kemenangan dalam menghadapi musuh-musuhnya. Suatu hari ia berperang untuk bertemu dengan musuhnya. Mereka (musuhnya) berkata, “Ia (Nabi Ismuwail ‘alaihis salam) adalah penyihir yang menyihir mata kita untuk merusak tentara kita. Ayo kita giring mereka supaya lari ke pinggir laut!”.

Nabi Ismuwail ‘alaihis salam yang pada waktu itu bersama sahabatnya ada 40 orang digiring oleh musuh sampai ditepi laut. Sahabat-sahabat Nabi Ismuwail ‘alaihis salam bertanya, “Apa yang harus kita lakukan?” Nabi Ismuwail ‘alaihis salam menjawab, “Bertahanlah dan bacalah shollalloohu ‘alaa muhammad!”. Kemudian para sahabat tersebut bertahan dan membaca shollalloohu ‘alaa muhammad (sholawat jibril). Kemudian musuh mereka berbalik berada ditepi laut. Kemudian musuh-musuh itu tenggelam semuanya di laut.

Dari hadits ini bisa dijadikan dalil bahwa sholawat jibril juga bisa untuk sholawat yang memiliki fadhilah mengalahkan musuh. Atau dengan kata lain fadhilahnya bisa untuk keselamatan.

Amalan agar Mimpi Bertemu Rasulullah

Ada satu lagi fadhilah sholawat jibril yang luar biasa. Dan sayang jika dilewatkan. Fadhilah sholawat jibril yang bisa juga menjadi amalan agar mimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Berikut ini penjelasannya :

و روى الحافظ ايضا انه جاء رجل من الشام الى النبى صلى اللّه عليه و سلم فقال : يا رسول اللّه ابى شيخ كبير و هو يحب ان يراك فقال ائتنى به. فقال انه ضرير البصر

فقال له قل له ليقل فى سبع اسبوع يعنى فى سبع ليال صَلَّى اللّٰهُ عَلَى مُحَمَّدٍ. فانه يرانى فى المنام حتى يروى عنى الحديث. ففعل فرآه فى المنام فكان يروى عنه

Imam Sakhowiy rahimahullah meriwayatkan sebuah hadits yang lain tentang sholawat jibril.

Suatu ketika datang seseorang dari kota Syam untuk bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian ia berkata, “Wahai Rasulullah! Ayah ku sudah sangat tua dan sangat menginginkan untuk melihatmu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Datangkan ia kepadaku.” Seseorang itu menjawab, “Ia (ayahku) sudah tidak bisa melihat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Katakan kepadanya, bacalah shollalloohu ‘alaa muhammad selama satu minggu, yaitu selama 7 malam. Maka sesungguhnya ia (ayahmu) akan melihatku didalam mimpinya (mimpi bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) sehingga ia akan meriwayatkan hadits dariku.” Kemudian ayahnya mengamalkannya dan benar-benar mimpi bertemu dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Serta meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melalui mimpi itu.

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril

Dari hadits diatas dapat kita simpulkan. Bahwa amalan agar mimpi betemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam salah satunya adalah membaca sholawat jibril. Yaitu dengan cara membacanya selama 7 malam. Adapun mengenai jumlah sholawat yang dibaca. Hadits ini tidak menentukan jumlahnya berapa kali setiap malamnya. Sehingga dapat diartikan sholawat jibril yang dibaca adalah semampunya. Dan semakin banyak semakin baik.

Demikian ulasan tentang Khasiat Sholawat Jibril Untuk Jodoh, Energi Sholawat Jibril dan Khasiat atau Keutamaan Sholawat Jibril yang lain. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan bisa ditulis dikolom komentar atau langsung menghubungi kami.

+ posts

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Jannah International

Pendidikan : Pondok Pesantren Al Ishlah Lasem Rembang Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri

*Temukan keistimewaan dalam membaca Sholawat Nariyah 4444x bersama-sama dengan mengklik tautan ini.