by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 10

Tasfir Surat Yasin Ayat 13

وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلًا أَصْحَابَ الْقَرْيَةِ، إذْ جَاءَ هَا الْمُرْسَلُوْنَ

“Dan buatlah suatu perumpamaan bagi mereka, yaitu penduduk suatu negeri. Ketika datang ke negeri itu utusan-utusan”

Tasfir Surat Yasin Ayat 14

إِذْ أَرْسَلْنَا إِلَيْهِمُ اثْنَيْنِ فَكَذَّبُوْاهُمَا فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ فَقَالُوْا إِنَّا إِلَيْكُمْ لَمُرْسَلُوْنَ

(yaitu) ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan. Lalu mereka mendustakan keduanya. Kemudian Kami kuatkan dengan (utusan) yang ketiga. Maka ketiga utusan itu berkata, “Sesungguhnya, kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu.”

(و اضرب لهم مثلا اصحاب القرية) أى اذكر لهم يا محمد. و مثل حالهم بقصة أصحاب القرية. وهي أنطاكية

“Dan buatlah suatu perumpamaan bagi mereka yaitu penduduk suatu negeri”. Maksud dari surat yasin ini yaitu tuturkanlah wahai Muhammad. Perumpamaan yang sama dengan keadaan mereka. Yaitu sebuah kisah dari suatu negeri. Yaitu negeri Antakya, sebuah kota di Turki.

(إجاء ها المرسلون اذ أرسلنا اليهم اثنين) يعنى يا محمد بين لأهل مكة أحوال أهل أنطاكية. لأنا أرسلنا الى كل قوم رسولا. فأرسلنا الى أهل أنطاكية رسولين

“Ketika datang ke negeri itu utusan-utusan”. Maksud dari surat yasin ini adalah wahai Muhammad. Jelaskanlah kepada penduduk Kota Mekkah tentang keadaan penduduk negeri Antakya. Karena, Kami mengutus untuk setiap kaum satu utusan. Dan untuk penduduk Antakya kami mengutus kepada mereka dua orang utusan.

(فكذبوا هما فعززنا بثالث) أى قوينا هما بثالث (فقالوا) أى بعد تقويتهم (إنا اليكم مرسلون) من الله. فوحدوه و آمنوا به

“Lalu mereka mendustakan keduanya. Kemudian Kami kuatkan dengan (utusan) yang ketiga”. Yaitu menguatkan dua orang utusan dengan menambah satu utusan, sehingga menjadi tiga orang utusan. Maka ketiga utusan itu berkata. Setelah dikuatkan oleh diutusnya utusan yang ketiga. “Sesungguhnya, kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu.” dari Allah. Kemudian mereka mentahuhidkan Allah dan beriman kepada Allah.

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.