by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 5

Tafsir Surat Yasin Ayat 7

۞ لٙقٙدْ حٙقّ الْقٙوْلُ عٙلٙى أٙكْثٙرِهِمْ فٙهُمْ لٙا يُؤْمِنُوْنٙ

Sungguh sudah pasti berlaku perkataan (hukuman) terhadap kebanyakan dari mereka, karena mereka tidak beriman.

Ketetapan yang Sudah Ada di Zaman Azali

أي وجبت كلمة العذاب على أكثرهم لان الله تعالى علم بعلمه الازلى ان أكثر قريش لا يؤمنون بالله ورسالة محمد عليه السلام، كابي جهل و عتبة و شيبة و المغيرة وأمثالهم. فالخطاب في حق هؤلاء الأشقياء لتأكيد الحجة لا لطالب الايمان لان الله تعالى علم انهم ليسوا من اهل التوحيد والايمان

Yaitu sudah ditetapkan hukuman bagi kebanyakan dari mereka. Karena Allah sudah tahu dengan pengetahuanNya sejak zaman azali bahwa kebanyakan dari kaum Quraisy tidak beriman kepada Allah dan diutusnya Nabi Muhammad Saw, seperti Abu Jahal, ‘Utbah, Syaibah, Mughiroh dan yang lainnya. Maka tujuan dari di sebutkannya orang-orang yang celaka itu adalah untuk menguatkan otoritas bukan untuk mendapatkan keimanan mereka. Karena Allah sudah mengetahui bahwasannya mereka bukan ahli iman dan ahli tauhid.

Tafsir Surat Yasin Ayat 8

۞ إِنَّا جَعَلْنَا فِيْ أَعْنَاقِهِمْ أغْلَالًا فَهِيَ اِلَى الْاَذْقَانِ فَهُمْ مُقْمَحُوْنَ

Sesungguhnya Kami telah menjadikan belenggu di leher mereka dan tangan mereka diangkat ke dagu, karena itu mereka tertengadah.

أي رافعون رؤسهم غاضون أبصارهم. لان عمود الغل في عنق المغلول يدخل تحت ذقنه فمنعه خفض رأسه. وهذه الآية على سبيل التمثيل لمن لا يؤمن بالله ويتكبر بمن كانت يده الى عنقه ورفع رأسه الى السماء ولم ير شيئا

Yaitu kepala mereka terangkat dengan mata terpejam. Dikarenakan ada dibelenggu di leher mereka yang menyangga dari bawah janggut mereka. Dengan demikian, mereka tidak bisa menundukkan kepala. Ayat ini adalah perumpamaan bagi orang yang tidak beriman kepada Allah dan sombong. Mereka diumpamakan seperti orang yang meletakkan tangannya dibawah leher dan mengangkat kepala ke arah langit tapi tidak bisa melihat apa-apa.

وقيل هي اخبار عن احوال الكفار في جهنم

Menurut versi yang lain ayat ini menceritakan tentang keadaan orang-orang kafir di neraka jahannam.

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.