by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 6

Tafsir Surat Yasin Ayat 9

 وَجَعَلْنَا مِن بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ   فَهُمْ لَا يُبْصِرُوْنَ

Dan Kami jadikan di hadapan mereka penghalang (dinding) dan di belakang mereka juga penghalang, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.

نزلت هذه الآية في رواية في حق ابى جهل وصاحبه من بنى مخزوم. وذالك ان ابا جهل حلف لئن رأيت محمدا يصلي لارضخن رأسه بالحجر. فأتاه وهو يصلي. فلما رفع الحجر شلت يده الى عنقه ولصق الحجر بيده. فلما عاد الى أصحابه وأخبرهم بما رأى سقط الحجر. فقال رجل من بنى مخزوم أناأقتله بهذا الحجر. فأتاه وهو يصلى فأراد أن يرميه بالحجر فاعمى اللّه تعالى بصره

فجعل يسمع صوته عليه السلام ولا يراه. فرجع الى أصحابه فلم يرهم حتى نادوه. فقالواما صنعت. قال ما رأيته ولكن سمعت صوته وحال بينى وبينه شيء كهيئة العجل ينفخ بذنبه، ولو دنوت منه لأكلنى. وبعد ذلك كلما أراد أبو جهل محمدا عليه الصلاة و السلام لا يقدر أن يراه

Sebab Diturunkannya Surat Yasin Ayat 9

Diriwayatkan bahwasannya ayat ini diturunkan untuk menjelaskan tentang Abu Jahal dan teman-temannya dari Bani Makhzum. Ketika itu Abu Jahal bersumpah bahwasannya kalau ia melihat Rasulullah Saw. sedang mengerjakan sholat maka ia akan menghantam kepalanya dengan batu. Kemudian ia mendatangi Rasulullah Saw. yang sedang mengerjakan sholat. Namun, ketika Abu Jahal akan mengangkat batu, tiba-tiba tangan sampai lehernya menjadi lumpuh. Batu yang akan ia hantamkan tiba-tiba melekat ditangannya dan tidak bisa ia lepaskan. Kemudian, ketika Abu Jahal kembali kepada teman-temannya dan menceritakan apa yang terjadi padanya maka batu itu tiba-tiba bisa terlepas dan jatuh. Kemudian salah seorang dari Bani Makhzum berkata, “Aku saja yang membunuhnya dengan batu ini”.

Kemudian ia mendatangi Rasulullah Saw. dalam keadaan masih mengerjakan sholat dan akan menghantam Rasulullah Saw. dengan batu. Namun, seketika itu Allah menjadikan orang tersebut buta penglihatannya. Sehingga ia bisa mendengar suara Rasulullah Saw. tapi tidak bisa melihat. Kemudian ia kembali kepada teman-temannya tapi ia tidak bisa melihat teman-temannya sehingga akhirnya mereka memanggil, “Apa yang engkau lakukan?”. Kemudian ia bercerita, “Aku tidak bisa melihatnya (Rasulullah Saw.) tapi aku bisa mendengar suaranya. Dan aku melihat ada sosok menyerupai keledai yang ekornya bergerak-gerak, jika aku mendekatinya maka sosok itu akan memangsaku.” Dan setelah kejadian ini, setiap Abu Jahal akan ingin berbuat buruk kepada Nabi Muhammad Saw. maka ia tidak mampu dan tidak bisa melihat Nabi Saw.

Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di:

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Yuk membaca Sholawat Nariyah dan Sholawat Jibril bersama-sama di Majelis Kanzul Jannah! Bersama-sama membaca sholawat dari Indonesia, Malaysia, dll. Gabung sekarang dengan mengklik tautan ini.