by

Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap

Terjemah Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah

Kajian ke 7

Rasulullah Saw Tidak Bisa Terlihat

وفى رواية نزلت هذه اللآية فى طائفة من قريش. وذلك أن النبى عليه السلام مع اصحابه كانوا جالسين يوما عند باب الكعبة. فقالت قريش تعالوا نأخذ محمدا مع أصحابه ونذهب بهم الى جبل أبى قبيس، فنقتل محمدا مع أصحابه، ومن لا يرضى دينه نخلى سبيله والا فنقتل كلهم. وبعد هذه المشاورة اتفقوا وأتوا الى محمد عليه السلام واصحابه

Pada riwayat yang lain dijelaskan bahwa ayat ini diturunkan tentang golongan dari kafir Quraisy. Ketika itu Nabi Saw. dan para sahabatnya duduk-duduk didepan pintu Ka’bah. Kemudian ada seorang dari golongan kafir Quraisy yang mengatakan : “Kemarilah! Kami akan menangkap Muhammad dan para sahabatnya, akan kami buang mereka di gunung Abi Qubais. Dan kami akan membunuh Muhammad dan para sahabatnya. Jika ada dari para sahabatnya itu ada yang tidak suka dengan agamanya maka akan kami lepaskan. Jika tidak ada, maka akan kami bunuh semuanya. Setelah rencana mereka sudah matang, kemudian mereka mendatangi Nabi Muhammad Saw.

فجعل اللّه تعالى بين أيديهم سدا ومن خلفهم سدا لم يروا محمدا وأصحابه

Namun, Allah menjadikan didepan mereka penghalang dan dibelakang mereka juga penghalang. Sehingga mereka tidak kuasa melihat Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya.

و في رواية نزلت هذه الآية فى حق المشركين. وذلك أنهم كانوا مجتمعين فى مجلس واحد منهم. فقال بعضهم فى حق محمد عليه الصلاة والسلام شيأ. قال ان رأيت محمدا فعلت كذا و كذا. فجاء النبى عليه الصلاة والسلام و قام عنده وقرأ سورة يس الى قوله فهم لا يبصرون، وبعد ذلك أخذ النبى عليه السلام قبضة من التراب ورمى الى وجوههم ولحاهم وذهب من بينهم فلم يروه وهم ينفضون التراب عن وجوههم ولحاهم، ويقولون واللّه ما رأيناه وما سمعنا صوته عليه الصلاة والسلام

Ayat yang Memiliki Keajaiban

Dalam sebuah riwayat yang lain. Ayat ini diturunkan untuk menceritakan keadaan kaum Musyrikin. Suatu hari mereka membuat rencana di suatu tempat perkumpulan mereka. Kemudian diantara mereka ada yang mengatakan : “Jika aku bertemu dengan Muhammad, maka akan aku perlakukan seperti ini dan seperti ini.” Setelah itu, Nabi Saw datang dihadapannya dan membaca surat yasin ayat ke 9. Yaitu sampai pada kalimat :

فَهُمْ لَا يُبْصِرُوْنَ

Yang artinya : “Maka mereka tidak bisa melihat.”

Setelah itu, mengambil segenggam debu dan dilemparkan ke wajah dan janggut mereka. Setelah itu Rasulullah Saw pergi meninggalkan mereka. Tapi mereka tidak bisa melihat Rasulullah Saw dan menghapus debu yang ada di wajah dan janggut mereka. Seraya mereka berkata : “Demi Allah! Aku tidak bisa melihatnya (Nabi Muhammad Saw) dan juga tidak bisa mendengar suaranya.

Tafsir Surat Yasin Ayat 10

وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan atau engkau tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tetap tidak akan beriman juga.

Manfaat Memberi Peringatan Bagi Orang yang Tidak Mau Beriman

لانه ثبت فى علم اللّه تعالى انهم لا يؤمنون بل يموتون على الكفر فيدخلون النار. فعلى هذا التقدير يكون الانذار تأكيدا للحجة لانكارهم

Karena sudah tetap menurut pengetahuan Allah (memang ditakdirkan) bahwasannya mereka tidak akan beriman. Bahkan sampai meninggalpun dalam keadaan kufur. Sehingga mereka masuk ke dalam api neraka. Maka dengan arti yang seperti ini, maka menakut-nakuti orang-orang kafir adalah untuk dijadikan bukti terhadap keingkaran mereka.

📖 Temukan lebih banyak wawasan tentang Tafsir Surat Yasin Syaikh Hamami Zadah Lengkap di: https://www.kanzanesia.com/tafsir-surat-yasin-syaikh-hamami-zadah-lengkap/4/

#TafsirSuratYasin #KajianIslam #WawasanKeagamaan #BacaLebihBanyak

Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed