Hadist tentang Sholawat yang Luar Biasa

Sholawat adalah amalan yang sangat mudah dan pasti diterima. Keterangan-keterangan seperti itu banyak dan diantaranya terdapat di hadist tentang sholawat yang kita bahas kali ini.

Banyak sekali pilihan amalan-amalan untuk olah bathin, tapi terkadang butuh usaha yang sangat besar supaya bisa berhasil. Berbeda dengan sholawat, karena sholawat ini sifatnya dingin dan bisa dibaca kapan saja. Walaupun seperti itu, sholawat tersebut hasilnya sangat besar terutama dalam mendatangkan keberkahan dalam hidup kita.

Hadist tentang Sholawat : Untuk Memenuhi Kebutuhan

Disebutkan dalam sebuah hadits tentang sholawat :

مَنْ عَسُرَتْ عَلَيْهِ حَاجَةٌ فَلْيُكْثِرْ بِالصَّلَاةِ عَلَيَّ فَإِنَّهَا تُكْشِفُ الْهُمُوْمَ وَ الْغُمُوْمَ وَ الْكُرُوْبَ وَ تُكْثِرُ الْأَرْزَاقِ وَ تَقْضِيْ الْحَوَائِجَ

“Barang siapa yang kesulitan meraih hajat (kebutuhan), maka perbanyaklah sholawat kepadaku. Sesunghuhnya sholawat dapat menghilangkan kesedihan, kegundahan, kesusahan, dan memperbanyak rezeki dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan.” (Muhammad Haqqi An Naziliy, Khozinatul Asrar, hal : 178)

Hadist tentang sholawat ini menjelaskan bahwa jika kita mengalami kesulitan hidup dalam memenuhi kebutuhan. Maka dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk banya membaca sholawat.

Dalam kehidupan pasti ada halangan dan rintangan untuk meraih kesuksesan. Nah, halangan dan rintangan ini dapat kita pecahkan dengan perantara banyak membaca sholawat.

Jika kita punya program, baik jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Pasti akan ada halangan dan rintangan untuk menjalankannya. Rencana atau program yang sangat baik tersebut tentu akan terasa sulit untuk kita kerjakan tanpa pertolongan dari Allah. Dengan banyak membaca sholawat, insya Allah kita akan dimudahkan oleh Allah untuk meraih apa yang menjadi kebutuhan kita baik untuk saat ini maupun di kebutuhan untuk masa yang akan datang.

Hadits tentang Sholawat : Investasi Kebaikan untuk Masa Depan

اَلصَّلَاةُ عَلَى النَّبِيِّ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تُدْرِكُ الرَّجُلَ وَ وَلَدُهُ وَ وَلَدَوَلَدِهِ

“Bacaan sholawat kepada Nabi shollallôhu ‘alaihi wa sallam dapat menjadi keberkahan bagi seseorang yang membacanya, anak dan cucunya.” (Syihabuddin Ahmad ibn Muhammad ibn Ali ibn Hajar al-Haitamiy, ad-Durrul Mandud, hal : 178)

Hadist tentang sholawat ini juga tak kalah pentingnya karena berurusan dengan masa depan. Baik itu masa depan diri sendiri, anak dan cucu-cucunya.

Dengan memperbanyak sholawat, berarti seakan-akan membangun masa depan yang baru untuk generasi selanjutnya. Dinasti baru dari diri sendiri. Berawal dari kita sendiri, menelorkan anak-anak dan keturunan yang brilian dengan barokah memperbanyak sholawat. Karena yang mendapatkan keberkahan bukan hanya diri kita saja, melainkan keturunan-keturunan kita juga. Pasti ingin kan membangun masa depan yang cerah untuk anak-anak dan cucu-cucu kita? Yuk memperbanyak membaca sholawat sekarang?

Banyak contoh dari Ulama-Ulama yang gemar membaca sholawat, sehingga anak-anak dan keturunannya banyak yang hidupnya mulia dan bahagia. Cukup itu bisa dijadikan contoh suri tauladan untuk semangat dalam memperbanyak sholawat. Karena Ulama’ adalah pewaris para Nabi.

Tentang Penulis

Website | + posts

Founder Majelis Ta'lim dan Sholawat Kanzul Mubtadi-ien International.

Pendidikan : Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed