by

Tulisan Arab Astaghfirullahaladzim yang Benar dan Lengkap

Tulisan arab Astaghfirullahaladzim lengkap dengan gambar, manfaat dan penjelasannya berikut ini adalah ulasan yang lengkap mengenai istighfar. Tulisan astaghfirullah yang benar seperti apa? Tulisan arab astaghfirullah tanpa harakat seperti apa? Yuk kita mulai penjelasannya sekarang!

Apa Arti Astaghfirullahaladzim?

Istighfar artinya memohon ampunan kepada Allah baik dengan perkataan maupun perbuatan. Dengan demikian kalimat istighfar adalah bacaan untuk memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat sebagai sarana untuk bertobat kepada Allah.

Istighfar ini seringkali dijadikan dzikir oleh umat muslim yang taat dan sudah mendarah daging. Selain itu, dzikir istighfar ini juga seringkali diucapkan saat kaget, takut atau marah.

Mengapa seorang hamba dianjurkan untuk beristighfar? Karena manusia pasti tidak luput dari dosa. Sehingga istighfar ini dapat menjadi perantara terhapusnya dosa-dosa itu dan terhindar dari berbagai macam kesedihan dan musibah. Karena kesedihan dan musibah sering kali datang karena banyaknya dosa yang telah diperbuat. Seperti yang banyak dikisahkan dalam Al Quran mengenai kaum-kaum terdahulu yang terkena musibah (adzab) karena banyaknya dosa-dosa yang telah mereka perbuat.

Apa Manfaat Mengucapkan Astaghfirullah?

Surat Nuh Ayat 10-12
Surat Nuh Ayat 10-12

Mengucapkan astaghfirullah mempunyai manfaat yang banyak, seperti untuk menghilangkan kesedihan-kesedihan dan cobaan hidup atau musibah. Dan semua itu akan diganti dengan pertolongan Allah dan kebahagiaan. Seperti manfaat mengucapkan astaghfirullah yang dijelaskan dalam surat Nuh ayat 10-12 :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ ١٠

Artinya : Lalu aku berkata kepada mereka, “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (QS. Nuh : 10)

يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ ١١

(Jika kamu memohon ampun) Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit untukmu. (QS. Nuh : 11)

وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ ١٢

“Memperbanyak harta dan anak-anakmu. Serta mengadakan kebun-kebun dan sunga-sungai untukmu.” (QS. Nuh : 12)

Bedanya Astaghfirullah dan Astaghfirullahaladzim

Bedanya Astaghfirullah dengan Astaghfirullahaladzim terdapat pada akhir dari kedua istighfar ini. Yang pertama tidak ada tambahan lafadz adzimnya (artinya: Yang Maha Agung) yang kedua ada tambahan lafadz adzim. Astaghfirullahaladzim artinya aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung. Astaghfirullah artinya aku memohon ampun kepada Allah.

Astagfirullahaladzim adalah bacaan istighfar. Astagfirullah adalah bacaan istighfar juga dan dapat digunakan untuk memohon ampunan kepada Allah.

Tulisan Astaghfirullah yang Benar

 

Tulisan Astaghfirullah yang Benar
Tulisan Astaghfirullah yang Benar

Tulisan istighfar lengkap yang bisa kita ajarkan kepada anak, saudara atau saudara sesama muslim ini merupakan tulisan arab astaghfirullahaladzim yang benar, artinya dan juga latin.

Berikut ini tulisan Arab Astaghfirullahaladzim yang benar :

اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Latin: Astaghfirullôhal ‘adzîm.

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.”

Tulisan arab astaghfirullahaladzim tanpa harokat:

استغفر الله العظيم

Bagaimana Tulisan Astaghfirullah dalam Bahasa Arab?

Tulisan astaghfirullah arab yaitu:

اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ

Latin: Astaghfirullôh.

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah.”

Dari pembahasan ini kita dapat mengetahui bahwa dzikir astaghfirullahal adzim merupakan bacaan yang istimewa bagi umat muslim dan dapat mendatangkan banyak manfaat jika dibaca secara terus-menerus dan bersungguh-sungguh.

Tentang Penulis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed